Dishub Pekanbaru Akan Sediakan Lahan Parkir Khusus Kendaraan Angkutan Barang

Jumat, 02 September 2022

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso

 

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Tahun depan Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru  akan menyediakan lahan parkir bagi kendaraan tonase besar atau kendaraan angkutan  barang.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menjelaskan, perlunya dicari lahan khusus untk parkir kendaraan tonase besar atau kendaraan angkutan barang. Karena selama ini mereka banyak melakukan aktifitas bongkar muat barang di daerah milik  jalan. 


“Selama ini mereka parkir didaerah milik jalan, ini juga rawan . Siapa tahu ada kendaraan lain yang slip nanti bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Sebab itu perlu kita tata dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak ,”jelas Yuliarso.
Sementara ini ungkap Yuliarso, pihaknya sudah mendapat lokasi yang dicari dengan luas 3 ha di Jalan  Siak II.


Di lokasi ini rencananya akan dibangun fasilitas lengkap untuk kendaraan bongkar muat barang, selain mereka tentunya juga bisa menginapkan kendaraannya dilokasi tersebut.


“Kendaraan itu biasanya ada yang hanya parkir sebentar menunggu trip, ada yang hanya parkir untuk bongkar muat barang dan ada yang menginap. Makanya nanti akan disediakan fasilitas lengkap seperti cuci mobil atau juga tempat makan dan tempat istirahatnya,”jelas Yuliarso.


Dalam waktu secepatnya Dinas Perhubungan lanjut Yuliarso akan menkaji regulasi kerjasama dengan pihak ketiga pemilik lahan.


“Ini termasuk salah satu potensi sumber Pendapat Asli Daerah yang bisa kita garap,” imbuhnya lagi.


Dengan ditempatkannya kendaraan bongkar muat barang disatu tempat, semua aktifitas bongkar muat barang juga menjadi terpusat dan tidak akan lagi ditemukan di daerah milik jalan. (yani)