Tarif TMP Tetap Rp 4000, Dishub Klaim Okupansi TMP Meningkat

Rabu, 07 September 2022

Trans Metro Pekanbaru

 

PEKANBARU,DENTINGNEWS--Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso memastikan tidak ada kenaikan tarif bus Trans Metro Pekanbaru atau TMP meski ada kebaikan BBM. 

"Kami sudah menerima Peraturan Menteri Keuangan dimana didalamnya sudah ada instruki dan arahan terkait mengantisipasi inflasi. Dimana salah satunya adalah diberikannya insentif atau subsidi untuk angkutan umum, maka tarif masih Rp 4.000 untuk TMP, " jelas Yuliarso, Rabu (6/9). 

Dampak positif dengan tidak adanya kenaikan tarif bus TMP menurut Yuliarso, saat ini okupansi atau jumlah penumpang TMP juga mulai mengalami peningkatan. 

"Ini diketahui dari peningkatan penjualan tiket TMP, biasanya hanya berkisar Rp 17 juta per hari tapi sekarang mencapai Rp 19 juta per hari, " tutur Yuliarso. 

Tingginya minat masyarakat untuk naik TMP dinyatakan Yuliarso mesti dibarengi dengan penambahan subsidi. Untuk itu dalam waktu dekat, Yuliarso menyatakan akan menghadap Pj Walikota dan juga Tim Anggaran Pemerintah Daerah perihal subsidi untuk TMP. 

"Dengan PMK tersebut tentunya alokasi anggaran untuk TMP bisa ditambah lagi, sekarang ini subsidi sangat terbatas mungkin hanya cukup sampai September ini, " imbuh Yuliarso . (Yani)