Pj Walikota Wajibkan Penyuluh Pertanian Bimbing Masyarakat Bertanam Cabe

Selasa, 20 September 2022

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menggelar rapat dengan penyuluh pertanian , Selasa (21/9)

PEKANBARU,DENTINGNEWS--- Penyuluh pertanian diminta Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun untuk mendampingi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan bertanam cabe dan sayuran yang akan digencarkan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kepada Wartawan, Selasa (20/9), Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun menegaskan, penyuluh pertanian harus turun memberikan pembimbingan bagaimana caranya agar usaha bertanam cabe dan sayuran di masyarakat bisa berhasil.

"Kita minta keseriusan pembimbing,jangan nanti kita tanam besok sudah mati, kan mubazir,"ungkap Muflihun usai menggelar pertemuan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian terkait program bertanam cabe dan sayuran.

Lebih lanjut Mufihun berharap kegiatan bertanam cabe dan sayuran ini bisa terus berlanjut. Sehingga nantinya Pekanbaru tidak lagi ketergantungan dengan pasokan dari daerah lain dan harga dipasaran juga bisa lebih rendah.

"Kalau nanti sukses dan berkembang, mungkin kita hanya seperempatnya saja lagi yang didatangkan dari daerah lain, harga tentu bisa lebih murah,"imbuh Muflihun.

Menjawab wartawan terkait ketersediaan lahan kosong yang akan dijadikan tempat bertanam, menurut Muflihun sampai saat ini masih dilakukan pendataan. Mengingat tidak semua kecamatan memiliki lahan kosong. Sepertinya halnya di kecamatan Sail, Sukajadi, Senapelan dan Pekanbaru Kota. 

"Lokus kita dimana ada lahan kosong, disana kita coba bertanam,"tegas Muflihun lagi.

Rencananya lanjut Muflihun, pencanangan program bertanam di Kota Pekanbaru akan dimulai pada saat Gubernur Riau, Syamsuar pulang dari umroh. Karena kegiatan ini diagendakan akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau. (Yani)