Butuh Server Sendiri, Disdukcapil Pekanbaru Jajaki Kemungkinan Kerjasama Dengan Pihak Ketiga

Rabu, 05 Oktober 2022

Kabid Inovasi dan Layanan Disdukcapil Pekanbaru, Murdinal Guswandi

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru akan menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga untuk pengadaan server, guna meningkatkan pelayanan yang membutuhkan jaringan internet .

 Menurut  keterangan Kabid Inovasi dan Pelayanan Disdukcapil Kota Pekanbaru, Murdinal, saat ini semua layanan online Disdukcapil Pekanbaru terpusat menggunakan server yang ada pada Diskominfo Pekanbaru.  


 " Sementara yang  menggunakan server Diskominfo tidak hanya Disdukcapil namun ada OPD lainnya. Akibatnya pelayanan online melalui aplikasi sipenduduk. pekanbaru.go.id menjadi  sedikit lambat. Kondisi ini juga yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat yang mengaku kesulitan untuk mendaftar ke aplikasi sipenduduk.pekanbaru.go.id,"jelas Murdinal, Selasa (4/10).

Solusi terdekat dikatakan Murdinal,  Disdukcapil  akan mengupayakan server sendiri sehingga beban server diskominfo bisa berkurang.

"Karena berkas yang akan diupload memiliki kapasitas besar dan jumlah yang banyak,"imbuh Murdinal lagi.

Pentingnya server sendiri untuk Disdukcapil menurut Murdinal sudah diwacanakan dan sudah pula mendapat dukungan dari DPRD Kota Pkeanbaru. Namun karena terkendala anggaran, sampai saat ini pengadaan server masih belum bisa dilakukan.

"Besar harapan kita punya server sendiri, untuk memperlancar pelayanan. Ini juga sudah kita sampaikan juga ke dewan, kendalanya hanya di anggaran,"pungkasnya. (Yani)