Pekanbaru Kembali Banjir, Dinas PUPR Sebut Karena Hujan dan Debit Air Sungai Siak Meningkat

Selasa, 04 Oktober 2022

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi

PEKANBARU,DENTINGNEWS--- Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Senin (3/10) malam membuat sejumlah titik rawan banjir di Pekanbaru kembali terendam air.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut untuk Jalan Sudirman ada beberapa titik ketinggian air cukup parah. Begitu juga disekitaran jalan H Guru Sulaiman dan juga sekitaran pasar bawah.

"Selain hujan yang deras, juga debit air sungai siak yang tinggi juga memicu terjadinya banjir disejumlah wilayah di Pekanbaru. Ini hujannya memang lebih lebat dari beberapa hari belakangan,"kata Indra, Senin (4/10).

Namun pihaknya dikatakan Indra, akan segera melakukan berbagai upaya penanganan seperti melakukan pembersihan drainase dan juga berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau serta juga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional.

"Iya segera akan kita lakukan pembersihan drainase untuk yang kemungkinan tersumbat. Segera juga berkoordinasi dengan BBPJN  dan juga pemerintah provinsi,"imbuhnya lagi.

Sementara itu, untuk wilayah sekitar Sungai Batak yang masih tetap banjir meski sudah dilakukan normalisasi, diakui Indra, upaya pengerukan sedimen di Sungai Batak masih belum tuntas dilakukan. Karena saat ini alat yang diturunkan hanya 1 unit sehingga proses normalisasi sungai menjadi sedikit lambat. 
Indra juga menepis anggapan jika nomalisasi di Sungai Batak gagal dilakukan karena masih tetap banjir. Karena menurut Indra hal itu lebih disebabkan karena hujan yang sangat deras.

"Sampai sekarang upaya normalisasi masih berlangsung, kita juga sudah berkoordinasi dengan BWSS untuk bersama menggesa normalisasi Sungai Batak,"tekan Indra. (Yani)