Kunjungi Korban Lokasi Banjir, Ketua TP PKK Pekanbaru Salurkan Bantuan Kebutuhan Pokok

Rabu, 05 Oktober 2022

Raja Rilla, Ketua PKK Pekanbaru menyerahkan bantuan kepada korban banjir pada Selasa (4/10).

PEKANBARU,DENTINGNEWS--- Tim Pemko Pekanbaru yang terdiri dari, Dinas PUPR, BPBD, Dishub, Dinsos dan Perangkat Kecamatan dan Kelurahan serta Ketua Tim PKK Pekanbaru, Raja Rilla Muflihun langsung turun kebeberapa lokasi banjir yang ada di Kota Pekanbaru, Selasa (4/10/2022) sore.

Ada dua lokasi yang didatangi dan diberikan  bantuan. Lokasi pertama adalah di Jalan Dwikora, Kelurahan Suka Mulia, Kecamatan Sail dan lokasi kedua adalah di Perumahan Attaya Jalan Sakuntala.

"Kami semua turun ke lokasi banjir berdasarkam intruksi dari Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP. Kami menyalurkan bahan pokok yang bersumber dari Baznas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Sosial. Bagi warga yang rumahnya kebanjiran, bisa tinggal sementara di tenda darurat yang sudah kami sediakan," papar Raja Rilla usai penyerahan bantuan.

Ia mengatakan banjir yang terjadi saat ini, akibat hujan deras yang merata di seluruh wilayah Pekanbaru. Pada Senin (3/10/2022) malam. "Saya juga tadi malam keluar dan memang tadi malam hujan parah. Sejumlah jalan juga banjir, itu di Jalan Sudirman, Nangka, kemudian Jalan Tuanku Tambusai juga. Apalagi yang kita berdomisili di sekitar bantaran sungai,"ujarnya.

Disampaikan Raja Rilla, di kabupaten sekitaran kita juga kemungkinan hujan deras juga, dan karena Pekanbaru wilayahnya cenderung lebih rendah, membuat air mengalir ke Pekanbaru. Raja Rilla berharap musibah ini cepat berlalu. Sehingga warga dapat kemabli beraktifitas seperti biasanya.

Untuk bantuan yang diberikan, ada 120 paket, 60 paket untuk warga di Jalan Dwikora dan 60 paket lagi untuk warga di Perumahan Attaya Jalan Sakuntala.

"Besok akan kita tambah lagi paket bantuannya sehingga untuk masyarakat terdampak banjir bisa terbantu semuanya," ucapnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru Indra Pomi Nasution meminta maaf belum bisa menuntaskan masalah banjir. Kejadian ini sama terjadi seperti tahun lalu.

Lanjut Indra Pomi, untuk wilayah pemukiman inikan di bantaran sungai. Berdasarkan pantauan malam tadi, Sungai Siak memang airnya lebih tinggi dibanding biasanya. Air yang tertampung di pemukiman ini diteruskan ke badan penerima air seperti sungai sail.

"Biasanya sungai Sail ini mampu menampung, apalagi setelah normalisasi 6 bulan. Tapi tadi malam sepertinya sungai Siak tinggi airnya, ditambah debit air hujan yang turun tinggi sehingga terjadi banjir yang sekarang ini. Sungai Sail meluap. Sehingga, banjir terjadi di Pekanbaru," sambungnya.

Ia memastikan, Tim Pemko Pekanbaru akan terus melakukan normalisasi Sungai Sail hingga situasi kondusif. Meski demikian, dirinya meminta masyarakat untuk bersabar dan berdoa semoga penanganan masalah banjir di Pekanbaru bisa cepat tuntas. (Aya)