Pastikan MPP Bersih dan Aman, Tiap Hari Datang Lebih Awal, Pulang Paling Lambat

Sabtu, 12 November 2022

Nadya Vinandari, Konsultan Pelayanan MPP Pekanbaru

 

PEKANBARU,DENTINGNEWS--- Sosok Hj.Nadya Vinandari.S.IP,M.si sangat familiar di MPP Pekanbaru. Karena posisinya saat ini adalah sebagai konsultan pelayanan MPP Pekanbaru yang berada dibawah naungan DPMPTSP Pekanbaru.

Nadya bertanggung jawab penuh untuk urusan kebersihan dan keamanan MPP. Setiap hari Nadya harus memastikan tidak ada sampah yang berserakan atau juga genangan air dilantai. Selain juga menampung dan menindaklanjuti keluhan dari tenan yang bergabung di MPP. 

"Konsultan pelayanan MPP itu tugasnya merangkap, menjaga kebersihan dan keamanan MPP khususnya gedung MPP Perizinan dan gedung C. Mulai dari buka sampai tutup pintu MPP,"tutur Nadya.

Nadya mengatakan untuk terpilih sebagai konsultan pelayanan MPP, banyak tahapan seleksi yang harus dilalui. Tim penguji didatangkan dari Abudabi yang sudah bertaraf internasional.
 
Masa itu salah satu yang dites adalah kemampuan bahasa asing. Mengingat tamu yang berkunjung ke MPP bukan hanya dari dalam negeri saja tapi juga dari luar.
Contohnya ada yang dari India, Cina, Korea dan juga Amerika dan Jepang. 

Nadya yang mahir berbahasa Inggris karena sudah pernah tinggal di Amerika, saat itu mendapat peringkat pertama menyisihkan 49 peserta lainnya. 

Sebagai konsultan pelayanan MPP, setiap hari Nadya datang lebih awal dibanding pegawai lainnya atau tepatnya sebelum MPP dibuka. Karena Nadya harus memastikan kondisi MPP betul-betul bersih sebelum pelayanan dimulai.

Nadya menuturkan bagian yang selalu diperiksa adalah kebersihan ruangan MPP dan juga kamar mandi.


"Kalau ada yang kotor, saya akan share digroup kebersihan dan keamanan. Yang pasti semua sisi ruangan MPP harus dalam kondisi bersih,"imbuh ibu dua orang anak ini.

Ketika ada komplen dari masyarakat yang berurusan ke MPP, Nadya juga biasa turun tangan langsung untuk menyelesaikan. Jika memang tidak bisa baru diteruskan ke atasan. 

"Pernah ada yang mengaku anak dari salah seorang pejabat, jadi dia tidak mau ngantri dan minta langsung dilayani. Ini tentu akan menjadi masalah bagi masyarakat lain yang juga memiliki urusan yang sama. Untuk ini saya harus tegas saja, semua harus ikut antrian, " tutur Nadya yang setiap pukul 07.00 WIB sudah berada di MPP. 

Selain itu ketika ada tamu yang berkunjung ke MPP, baik dari dalam atau luar negeri, Nadya juga bisa dipastikan selalu ada di barisan depan . Karena Nadya juga bertugas untuk mempersiapkan dan menyambut tamu yang berkunjung ke MPP. 
Mulai dari konsumsi serta juga mengkomunikasikan dengan bidang yang dituju oleh tamu. 
Disamping juga Nadya yang akan meminta testimoni kepada tamu terkait tanggapannya terhadap MPP Pekanbaru. 

Selama terlibat langsung menyambut tamu di MPP Pekanbaru, Nadya menuturkan banyak pengalaman yang diperoleh. Karena tamu yang berkunjung ke MPP sangat beragam. 
Paling berkesan menurut Nadya adalah ketika ada tamu dari Amerika, karena ia diminta langsung untuk mengikuti pertemuan. Sementara saat itu posisinya tidak semua pejabat bisa ikut di pertemuan itu. 

"Kalau yang paling ramah menurut saya adalah Dubes India, tapi kalau yang dari dalam negeri itu ramah semua. Apalagi dari jajaran Kemen PANRB dan Kemendagri yang sudah sering berkunjung ke MPP," kata Nadya. 

Lebih lanjut selaku konsultan pelayanan MPP, Nadya mengaku sangat menjaga penampilan. Karena menurutnya untuk bagian pelayanan yang pertama dilihat tentu penampilan dan keramahan. 

"Sebelum berangkat kerja saya berusaha terlihat rapi dan bersih, karena kalau di bagian pelayanan bentuknya kusut dan tidak menarik tentu membuat orang melihat jadi malas. Kalau baju saya usahakan padu padan yang sesuai dan menambah aksesoris yang menarik, " tutup Nadya. ( Eci)