Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Kecil Percepatan UHC di Pekanbaru

Kamis, 01 Desember 2022

Pj Sekda Pekanbaru, Indra Pomi Nasution pimpin rapat percepatan pencapaian UHC di Pekanbaru, Kamis (1/22).

 

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Pemerintah Kota Pekanbaru membentuk tim kecil untuk percepatan  pencapaian target UHC Universal Health Converage  di Kota Pekanbaru.

Pj Sekda Pekanbaru, Indra Pomi Nasution , Kamis (1/12) menjelaskan, untuk saat ini tim kecil akan mendata apa permasalahan dari masyarakat penerima BPJS yang ditanggung APBD Kota Pekanbaru. Berikut juga apa yang dibutuhkan untuk penerapan UHC.

"Kita sudah rapat , sudah kumpulkan OPD terkait. Ternyata kita masih ada kekurangan tunda bayar 2021 dan  masih ada yang harus dibayar Desember ini. Kemudian masih ada data kita yang perlu disempurnakan. Makanya kita bentuk tim kecil untuk membahas dan melengkapi syarat -syarat itu,"jelas Indra.

Indra menambahkan tim kecil nantinya selain bertugas menginventarisir masalah juga akan membuat rencana kerja seperti apa kedepannya  dan membuat hitungan kebutuhan biaya.

Selain itu, Pemerintah Kota Pekanbaru diungkapkan Indra berencana akan meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi terkait bantuan untuk BPJS warga Pekanbaru yang tidak mampu.

"Kita juga ingin ada dukungan dari provinsi. Karena provinsi untuk BPJS itu kan  ada 55 persent dibantu dana provinsi dan kita 45 persen tapi itu  uangnya juga cukup besar,"keluh Indra.

Sejauh ini, lanjut Indra, belum dibicarakan kapan UHC akan diterapkan di Kota Pekabaru.

Uniiversal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. (Yani)