Tertibkan Jumlah Buruh Kebersihan, Pj Walikota Instruksikan BKPSDM Lakukan Pendataan

Senin, 05 Desember 2022

Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun bersilaturahmi dengan buruh kebersihan, Senin (5/12).

PEKANBARU, DENTINGNEWS----Ratusan buruh kebersihan yang berada dibawah Dinas Lingkungan dan Kebersihan Kota Pekanbaru atau DLHK bertemu langsung dengan  Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, pada   Senin (5/12) di kantor DLHK Pekanbaru.

"Hari ini kegiatan kami adalah ingin silaturahmi dengan semua buruh kebersihan di Pekanbaru. Dan yang kedua kita ingin tahu persis berapa sih jumlah petugas kita ini," ujar Muflihun kepada wartawan.

Muflihun mengaku sudah menginstruksikan kepada BKPSDM untuk melakukan pendataan terhadap buruh kebersihan yang ada pada DLHK Pekanbaru. Karena  pihaknya tidak ingin terjadi ketidaksinkronan jumlah buruh kebersihan ini. 

"Kita nggak mau nanti kalau jumlahnya 1500, ternyata yang ada hanya 1000 orang. Artinya ya namanya petugas kebersihan inikan memakan APBD. Mana tahu ada yang udah meninggal dunia, atau sudah tidak kerja lagi, ini akan kita tertibkan. Untuk hasilnya masih di data dan sedang berjalan," ungkapnya.

Tak hanya itu saja, pada kesempatan tersebut Muflihun juga menyampaikan 
tidak boleh lagi ada yang namanya pungli. Baik dari mandor ataupun dari dinas DLHK kepada buruh kebersihan.

"Tadi saya dengar  masih ada yang dipotong Rp5 ribu perak. Hari ini saya meminta tidak adalagi potongan untuk buruh kebersihan," tegas Muflihun.

Lebih lanjut program untuk mendapatkan Adipura, diakui Muflihun salah satu  indikator pendukungnya adalah  buruh kebersihan. Karena mereka yang menyapu jalan. Dan itu korelasinya juga dengan adanya banjir-banjir di Pekanbaru.

"Kami ingin juga penyapu jalan mulai hari ini tidak membuang sampah hasil sapuannya ke parit, tapi bisa mengumpulkan di plastik (akan diangkut petugas)," ucapnya. (Yani)