Diluar Prediksi Dishub, Target Pendapatan Retribusi Parkir Tahun Ini Capai 16 M

Jumat, 06 Januari 2023

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Target pendapatan retribusi parkir tahun ini ditetapkan 16 M bersamaan dengan adanya kenaikan tarif parkir. Angka tersebut menurut penuturan Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso jauh diluar prediksi Idnas Perhubungan Kota Pekanbaru. 

Pasalnya untuk perkiraan Dishub sendiri, potensi retribusi parkir  dilapangan maksimal  hanya sekitar  14 M. 

 Perkiraan pendapatan itu merupakan gabungan dari pendapatan retribusi parkir yang dikelola oleh pihak ketiga dan juga yang berada dibawah UPT Parkir.

“Diatas prediksi kami Dishub, ada kekurangan 2 M lebih lagi tapi tidak sampai 3 M,” kata Yuliarso, Jumat (6/1)

Namun demikian Yuliarso, memastikan pihaknya tidak akan mengajukan peninjauan ulang terhadap target pendapatan retribusi parkir yang sudah ditetapkan.
Karena pihaknya disebut Yuliarso lagi, akan berusaha keras untuk bisa mencapai target tersebut melalui upaya ekstensifikasi dan intensifikasi.
 
Salah bentuknya adalah dengan menaikkan bagi hasil parkir khususnya untuk lahan parkir yang berada dibawah UPT Parkir. Selain juga meningkatkan pemanfaatan tekhnologi dalam pelayanan parkir dan pembenahan manajemen parkir.

“Kita sudah sampaikan kepada pengelola untuk menaikkan bagi hasil atau kewajiban kepada kita antara 30 persen -50 persen, itu masih negosiasi sebagian. Karena ada juga yang komplain keberatan,”jelas Yuliarso.

Dilain sisi adanya pembukaan tempat usaha baru menurut Yuliarso juga bisa menjadi potensi retribusi parkir.  Selain juga ada rencana untuk pemanfaatan lahan dibekas kebakaran disekitar Pasar Sukaramai untuk menjadi lokasi parkir. (yani)