Disdik Ingatkan Sekolah Koordinasi Dengan Komite Sekolah Terkait Pembelian LKS

Jumat, 06 Januari 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengingatkan sekolah untuk berkoordinasi dengan komite sekolah terkait kewajiban siswa untuk membeli lembaran kerja siswa atau LKS. 

Disampaikan Jamal, jika ada orang tua yang keberatan dengan  pembelian LKS, pihak sekolah harus menanggapinya.
Pernyataan ini disampaikan Jamal bersamaan dengan mulai masuknya tahun ajaran baru semester II yang kembali mewajibkan siswa untuk membeli LKS.

“Iya ini masalah LKS ini memang biasanya kerap terjadi pas awal tahun ajaran baru, ini yang akan kita ingatkan nanti,”ungkap Jamal, Jumat (6/1). 

Kepada wartawn, Jamal juga menambahkan, pihaknya akan membuat surat edaran kepada sekolah terkait pembelian LKS. Sebab menurutnya jika orang tua keberatan, bisa saja menolak untuk tidak membeli LKS. Walaupun sebenatnya LKS juga cukup membantu untuk pembelajaran siswa disekolah.

“Satu sisi LKS memang dibutuhkan media pembelajaran, tetapi kalau menjadi persoalan makanya kita minta ini harus  dibicarakan dengan komite, kalau tidak disanggupi ini kegiatan ya tidak usah dilakukan. Kita sih berharap ya keberatan masyarakat, sekolah harus tanggap. Kita tetap memantau dan mengeluarkan surat edaran,”terang Jamal.

Untuk diketahui, saat ini sejumlah sekolah tingkat SMP di Pekanbaru sudah mulai mewajibkan siswa untuk membeli LKS dengan kisaran 135 ribu -150 ribu . Namun pembelian LKS tidak dilakukan disekolah melainkan warung atau kedai  yang biasanya tidak jauh dari sekolah. (yani)