Pemasangan 3 Ribu Sambungan Rumah Saluran IPAL Segera Digesa

Jumat, 20 Januari 2023

Pj Sekda Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Direncanakan pada Mei tahun ini, saluran Instalasi Pembuangan Air Limbah atau IPAL segera difungsikan. Informasi ini disampaikan Pj Sekda Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat (20/1).

Menurut Indra,saluran IPAL yang di bangun Pemerintah Pusat di Kota Pekanbaru  memiliki kapasitas 8 ribu kubik per hari.

Sementara untuk bisa dioperasikan, minimal limbah yang dihasilkan mencapai 3.500 kubik per hari dengan jumlah sambungan rumah (SR) paling sedikitnya 3 ribu.

"Karena itu kita gesa untuk pembangunan SR-nya tahun ini. Dari 3 ribu SR yang dibutuhkan, itu 1.500 akan dibangun oleh pusat, kemudian 1.500 lagi itu dibantu oleh provinsi dan kota. Provinsi 800 SR dan kota 700 SR," ungkap Indra.


Tahap awal, sebut Indra, untuk biaya pemasangan 3 ribu SR bakal digratiskan. "Karena dibayar oleh perusahaan untuk 1.500 SR, pemko 700, dan disubsidi provinsi 800 SR," paparnya.

"Selanjutnya, itu akan dikenakan tarif (pemasangan SR). Untuk IPAL ini nanti juga berbayar, dikenakan jasa layanan, tagihanya per bulan, hitungannya 5 ribu per kubik," terang Indra lagi.


Sosialisasi mengenai operasional IPAL lanjut Indra sudah mulai dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru. Antara lain bangunan  perkantoran, hotel hingga pusat perbelanjaan yang dilintasi jaringan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Karena mereka akan menjadi pelanggan.

"Sekarang ranperda-nya (rancangan peraturan daerah) sedang dibahas. Nantinya, setiap bangunan, gedung, rumah yang dilewati jaringan IPAL, itu wajib untuk menyambungkan," tutup  Indra . (Yani)