Terapkan Sipenggoda Tersipu,Dinas Sosial Kota Pekanbaru Kini Miliki Pusat Data

Kamis, 26 Januari 2023

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru,Idrus langsung turun ke masyarakat saat memberikan bantuan.

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Menyesuaikan dengan kebutuhan serta juga kemajuan tekhnologi, Dinas Sosial Kota Pekanbaru kini melakukan inovasi  dalam bidang digital.


Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus menuturkan, untuk inovasi dibidang digital, pihaknya kini sudah memiliki pusat data kemasyarakatan yang langsung online ke Pusat Data dan Informasi atau Pusdatin Kementerian Sosial. Inovasi tersebut menurut Idrus diberi nama dengan Sipenggoda Tersipu atau Sistem Pengelolaan Data Terpadu Satu Pintu.


"Program Sipenggoda Tersipu ini baru saja kita luncurkan diawal tahun 2023 ini,"kata Idrus.

Data kemasyarakatan yang dimaksud semisal data orang miskin di Pekanbaru, data orang terlantar atau juga data Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ yang pernah ditangani Dinas Sosial Pekanbaru.


Sebelumnya  masing-masing bidang yang ada pada Dinas Sosial memiliki data sendiri. Contoh   dibidang rehabilitasi sosial yang menangani ODGJ, fakir miskin dibidang daya sosial dan data lansia terlantar dibidang Perlindungan Jaminan Sosial atau Linjamsos. Dengan adanya Sipenggoda Tersipu, semua bidang sudah menginput data yang mereka miliki pada satu sistem yang sama.

"Kita  targetnya Dinas Sosial punya data satu pintu dan tidak terpisah di masing-masing bidang. Sehingga ketika orang bertanya, cukup hanya dengan membuka Sipenggoda Tersipu sudah bisa diketahui data yang dibutuhkan," jelas Idrus lagi 

ke depan target terbesarnya ,Idrus menginginkan Dinas Sosial Kota Pekanbaru bisa memiliki  Sistem Layanan Rujukan Terpadu atau SLRT, sebagaimana halnya DPMPTSP memiliki MPP. Jika SLRT bisa direalisasikan, tugas Dinas Sosial menurut Idrus hanya sebagai pengawas saja. Namun sementara ini, pihaknya akan mengoptimalkan Sipenggoda Tersipu.

"Sekarang Kasi Kesejahteraan Sosial atau Kessos di kelurahan dan kecamatan  tinggal pakai data dari  Sipenggoda Tersipu saja,"tutup Idrus. (Yani)