Ada 190 Titik Lebih Jalan Rusak Dalam Kota Pekanbaru

Kamis, 26 Januari 2023

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Dinas PUPR Kota Pekanbaru mencatat ada 190 titik lebih jalan dalam Kota Pekanbaru yang dalam kondisi rusak.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, sejak awal Januari Ini, pihaknya telah melakukan perbaikan sekitar 10 ruas jalan.

"Tapi dari 1 Januari sampai dengan sekarang itu kita sudah mengerjakan lebih dari 10 ruas jalan," ujar Indra Pomi, Kamis (26/1).

Menurut Indra, jumlah titik ruas jalan rusak tahun ini tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya, pertumbuhan jalan berlubang ini sangat cepat, terlebih saat musim hujan.

"Kalau misalnya hari ini kita tutup, kita survei misalnya di satu ruas jalan itu 5 titik, minggu depan bisa bertambah besar, bahkan bisa muncul lubang baru," kata Indra.

Dikatakannya, pemeliharaan jalan ini terus dilakukan sampai kapan pun. Ada pemeliharaan berkala seperti overlay, dan pemeliharaan seperti tambal sulam untuk jalan rusak ringan.

"Jadi ada namanya pemeliharaan berkala, misalnya sekali empat tahun kita overlay. Cuman kita kan untuk pemeliharaan berkala ini butuh biaya banyak. Karena itu untuk kerusakan ringan kita lakukan tambal sulam," jelas Indra.

Ditambahkan Indra, tahun ini ada 5 jalan dalam Kota Pekanbaru yang diover lay melalui bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Riau, selain juga ada 3 lainnya dari dana APBD Kota.

Indra menjelaskan saat ini  sebagian besar jalan rusak di Pekanbaru butuh dilakukan overlay. Terutama jalan-jalan yang dilalui oleh proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan proyek lainnya.

"Secara umum, sebagian besar jalan itu butuh overlay. Terutama yang dilewati IPAL dan lain-lain, walaupun diperbaiki oleh kontraktornya, tapi sesungguhnya itu lebih baik kalau itu dilakukan overlay," tekan Indra.(Yani)