181 Kasus Positif HIV di Pekanbaru Tertular dari LGBT

Senin, 30 Januari 2023

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Sebanyak 181 kasus HIV  di Pekanbaru tahun diantaranya tertular dari  LGBT.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi,hal ini diketahui dari hasil penelusuran dengan mereka yang positif HIV sesuai laporan yang diterima Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru pada  tahun 2020 lalu.

"LGBT itu yang kita dapat laporan dari Puskesmas ada 1238 yang kita periksa yang lelaki suka lelaki 181 diantaranya  positif HIV dari total kasus keseluruhan ditahun 2020 lalu sebanyak 428 kasus,"jelas Zaini, Senin (30/1).

Cukup banyaknya kasus HIV dari LGBT dikatakan Zaini, karena LGBT merupakan penyimpangan seksual.

Menjawab informasi terkait tingginya kasus LGBT di Pekanbaru,Zaini menyebut  Dinas Kesehatan tidak memiliki data tentang LGBT. Karena  perilaku seks menyimpang  hanya bisa diketahui jika yang bersangkutan mengakui ketika meminta pengobatan karena dampak dari kelainan seks itu atau pengobatan untuk kelainan seks itu sendiri.

"Kita data LGBT tidak ada, yang ada dikita adalah data yang menderita HIV maupun Aids yang merupakan dampak dari perilaku seks menyimpang tersebut,"jelas Zaini lagi.

Lebih lanjut untuk menekan laju kasus HIV /AIDS dan menekan kasus penyimpangan seksual , Dinas Kesehatan sudah menggencarkan sosialisasi pencegahan HIV/ AIDS sejak dini mulai dari bangku pendidikan. (Yani)