Disdik Pekanbaru Ingatkan Sekolah Tuntaskan Baju Seragam Siswa Baru

Kamis, 16 Februari 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru,Abdul Jamal

PEKANBARU, DENTINGNEWS--Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru meminta pihak sekolah untuk segera  menuntaskan pengadaan seragam untuk siswa baru.

Pasalnya meski saat in i sudah memasuki semester 2 , namun masih banyak siswa baru yang belum mendapatkan baju seragam lengkap. Baik tingkat SMP mampun tingkat SD.

Kepada wartawan ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, pihak sekolah harus sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan baju seragam siswa. Apalagi untuk siswa yang sudah melunasi pembelian baju seragamnya.


“Kalau sudah bayar dan membuat disekolah dan itu kita bisa tuntut , kan itu hak dia kan (walimurid-red). Ini sudah bulan berapa? wali murid datang aja ke sekolah,minta aja uangnya.  Kalau ndak nanti kasi tahu dia kami akan lapor ke dinas, mungkin itu.. kalau sudah sampai ke dinas nanti kami bantu,”kata Jamal, Kamis (16/2).


Jamal juga menilai alasan pakaian yang belum siap karena penjahit yang bermasalah dan lainnya tidak bisa menjadi dalih pihak sekolah tidak menuntaskan pembagian baju seragam siswa baru.

“Itu resiko sekolah, mereka yang harus bertanggung jawab,”tegas Jamal lagi.

Untuk ke depan,  Jamal menyampaikan sebaiknya pembelian baju seragam diserahkan langsung kepada wali murid jika memang sekolah tidak mampu mengelola pengadaan baju seragam. Karena menurut Jamal keuntungan yang diperoleh seklolah tidak banyak dari baju seragam itu.

“Kita sudah sampaikan, kalau tidak sanggup  mengelola pakaian, ya sekolah tidak usah urus pakaian. Karena ini kan bedagang, bedagang itu jangan dikira untung.  Nanti alasan mungkin penjahit yang melarikan, itu kan resiko sekolah. Kedua mungkin ada yang tidak mengambil , ada kerugian sekian. Makanya saya sampaikan terus, cuma himbauan saya secara  lisan. Cuma ini biar ada seikit dari koperasi dapat, ya harus bertanggung jawab,”tekan Jamal.


“Ke kita belum ada laporan langsung dari wali murid terkait baju seragam ini, tapi kemarin  ada penjahit yang mengadukan baju sudah diambil sekolah tapi tidak dibayar.Ini sudah kita bantuk menyelesaikannya,”ungkap Jamal.


Selanjutnya Jamal memastikan akan menegur beberapa sekolah yang dilaporkan belum menyelesaikan pengadaan baju seragamnya,s eperti SD N 108 Pekanbaru dan SMP N 32 Peaknbaru. (yani )