Gas Elpiji 3 Kg Langka, Disprindag Pekanbaru Panggil Pihak Terkait

Jumat, 17 Februari 2023

ilustrasi

PEKANBARU, DENTINGNEWS--Disprindag Kota Pekanbaru mengaku sudah memanggil pihak terkait bersamaan terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kg belakangan ini.

Disampaikan Kepala Disprindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, dari penjelasan pihak Pertamina, mestinya pasokan gas untuk Kota Pekanbaru mencukupi  untuk kebutuhan Pekanbaru. Pihak agen juga memastikan jika gas didistribusikan seluruhnya ke pangkalan yang beradad i Kota Pekanbaru. 

“ Kita sudah lakukan pemantauan-pemantauan dan kita sudah panggil kemarin agen-agen dari 23 agen hadir 19 agen,. Jadi kelangkaan itu, kita sudah panggil  Pertamina, mereka itu menyampaikan seharusnya tidak langka, harusnya barangnya ada,”kata Zulhelmi, Jumat (17/2).

Namun lanjut Zulhelmi, ada kekhawatiran rendahnya harga HET di Pekanbaru membuat pangkalan menjual ke luar kota karena HET daerah lain lebih tinggi yakni Rp 22 ribu-24 ribu per tabung. Sedangkan di Kota Pekanbaru sampai saat ini harga gas elpiji 3 Kg di pangkalan Rp 18 ribu.

“Saya takutnya barang ini, karena HET kita ini paling rendah, sementara di kabupaten lain tetangga kita harganya Rp 22 Ribu selisih 4 Ribu dengan kita. Saya takutnya barang ini dibawa keluar, itu lah saya takutkan. Tapi  kita harus lakukan investigasi, cuma yang kita cek dan kita panggil para agen itu menyampaikan bahwa semuanya dijual di pangkalan di Kota Pekanbaru, gak da dijual keluar,”imbuh Zulhelmi.

Dilain sisi banyaknya jumlah pangkalan di Pekanbaru yang mencapai lebih dari 1200 pangkalan di akui Zulhemi juga menjadi kendala bagi Disprindag dalam melakukan pengawasan.

Sebab itu, Zulhelmi menghimbau partisipasi masyarakat untuk turut melakukan pengawasan terhadap pangkalan yang melakukan penyimpangan. Laporan menurutnya bisa disampaikan angsung ke kantor Disprindag atau juga di akun media sosial Disprindag Kota Pekanbaru.

“Terus terang untuk memantau 1200 lebih pangkalan ini kita butuh bantuan masyarakat, silahkan informasikan kepada kami melalui media sosial IG, dppkota Pekanbaru. Kita akan pantau dan kita sudah siapkan surat tugasnya,”tutupnya. (yani )