Salahi Aturan, 132 Bangunan Di jalan Soebrantas Terancam Dibongkar Paksa

Rabu, 22 Februari 2023

ilustrasi

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Satpol PP Pekanbaru memberikan surat peringatan ke dua kepada 132 pemilik bangunan di sepanjang Jalan HR Soebrantas.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zoellfahmi Adrian menyebutkan, dalam waktu dekat surat peringatan ke 3  menyusul akan segera dilayangkan kepada pemilik bangunan. Sebab jarak surat peringatan ke dua dengan ketiga hanya sekitar 7 hari kerja. 

“Sebelum kita berikan surat peringatan ketiga, kita akan panggil nanti pemilik bangunannya. Kita himbau untuk menyesuaikan dengan ketentuan yang ada,”ungkap Zoelfahmi, Rabu (22/2).

Zoelfahmi menjelaskan, sangsi terakhir yang akan dijatuhkan kepada para pemilik bangunan adalah pembongkaran secara paksa oleh personel Satpol PP untuk bangunan yang menyalahi aturan. Namun sebelum eksekusi dilakukan oleh  Satpol PP, pemilik bangunan diharapkan bsia membongkar sendiri bangunan yang dimaksud.

Lebih lanjut Zoelfahmi juga menjelaskan, sesuai aturan maksimal jarak bangunan dengan Daerah Milik Jalan adalah 4 Meter. Selain juga dilarang mendirikan bangunan pada ruas milik jalan, sungai, sempadan waduk dan sempadan embung.Serta  penambahan luas dan mendirikan bangunan tanpa izin sehingga melanggar Garis Sempadan Bangunan (GSB) serta memakan ruang milik jalan.

“Dibolehkan itu hanya setelah bangunan ruko, kanopi hanya 2-4 meter. Tidak hanya dijalan Soebrantas tapi di jalan lain nanti kita juga akan surati bangunan yang tidak memiliki izin,”imbuh Zoelfahmi lagi.(yani)