Bapenda dan DJP Kanwil Riau Bahas Sinergitas Penguatan Pajak Pusat dan Daerah

Rabu, 22 Februari 2023

Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan saat berkunjung ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau., Selasa (22/2)

PEKANBARU, DENTINGNEWS—Bapenda Pekanbaru terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Pekanbaru. Salah satunya ada dengan meningkatkan sinergitas dengan instansi lain. Seperti pada Selasa (22/2), Kepala Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru, Alek Kurniawan  dan tim berkunjung ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau.

Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan menuturkan kegiatan tersebut ditujukan untuk penjajakan kerjasama antara kedua belah pihak terkait upaya bersama untuk optimalisasi penerimaan pajak pusat dan daerah di wilayah kerja kota Pekanbaru.

"Kegiatan ini sebagai upaya penjajakan kerjasama antara kedua belah pihak untuk optimalisasi penerimaan pajak pusat dan daerah di Pekanbaru," ujar Alek yang turut didampingi Pejabat Adminstrator & Pengawas di Lingkup Pajak Daerah Wilayah I dan P3D Bapenda Pekanbaru.

“Kami dan Pemda akan menuangkan dalam perjanjian kerjasama nanti, terkait data yang dimilik masing-masing pihak untuk selanjutnya akan dianalisa potensi pajak yang dikelola oleh masing-masing pihak," ucap Kakanwil DJP Riau Ahmad Djamhari.

Sejalan dengan itu, Pihak DJP Riau juga akan menggandeng Perangkat Daerah terkait lainnya di Pekanbaru untuk optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Penerimaan Negara.

"Prinsipnya ini kita lakukan untuk optimalisasi PAD dan Penerimaan Negara," pungkasnya.

Pihak DJP Riau mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala Bapenda Pekanbaru dan tim tersebut, yang disebutnya sebagai bagian dari sinergitas bagi kedua belah pihak untuk optimalisasi pengumpulan pajak pusat dan pajak daerah.

Dari Bapenda secara lengkap dihadiri Kepala Bapenda Pekanbaru bersama Kepala Bidang Pajak Daerah I, Recko Roeandra, , Kepala Bidang P3D Debby Puspa Sari, , Kepala Subbidang Pendaftaran PBB, PPJ dan BPHTB Fauzan Effendi. dan Kepala Subbidang Hukum, Kerjasama dan Dana Transfer Ame Sulistia,  (Yani).