Disketapang dan PWI Riau-Pokja Pekanbaru Gelar Bazar Pasar Murah Ramadhan

Senin, 20 Maret 2023

Kepala Disketapang Pekanbaru, Elsyabrina di bazar pangan murah ramadhan, Senin (20/3).

PEKANBARU, DENTINGNEWS----Guna meringankan beban masyarakat dalam berbelanja bahan kebutuhan pangan rumah tangga, Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dan PWI Pokja Pekanbaru melaksanakan Bazar Pasar Murah Ramadhan.

Kegiatan Bazar Pasar Murah yang biasa disebut Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dilaksanakan di gedung PWI Riau di Jalan Arifin Achmad, Senin (20/3) siang menjelang sore tadi.

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, dalam sambutannya mengungkapkan kalau gelaran Bazar Pasar Murah sembako yang dilaksanakan oleh PWI Pokja Pekanbaru ini awalnya direncanakan hanya akan dilakukan untuk anggota PWI saja.

Namun, dikarenakan banyak permintaan masyarakat, warga yang tinggal di sekitar lingkungan wartawan, akhirnya kegiatan bazar ini dilakukan terbuka juga untuk masyarakat.

''Kalau ditotal jumlah anggota PWI di Riau, sebanyak 1.400-an orang. cukup banyak. Karena itu, prioritasnya anggota PWI yang ada di Pekanbaru saja,''ungkap Zulmansyah.

Zulmansyah juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Disketapang untuk program ini, dan diharapkan bisa terus terlaksana di masa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Kadis Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Elsyabrina  mengungkapkan jika kegiatan ini adalah bagian dari program Disketapang dalam memastikan ketersediaan pasokan pangan di tengah masyarakat. Termasuk di antaranya adalah dengan bekerja sama dengan PWI.

Elsyabrina menjelaskan, harga pangan yang disediakan relatif lebih murah dibandingkan harga pasar. Ini bukan dikarenakan pemerintah membei subsidi.

''Jadi tidak ada subsidi disini, pemerintah tidak mesubsidi. Tapi, memotong jalur distribusi terhadap komoditas pangan yang dipasarkan pada Gerakan Pangan Murah,''ungkap Elsyabrina.

Elsyabrina juga menjelaskan perihal tiga tugas utama Disketapang, ketersediaan pangan, konsumsi yang sehat dan gizi berimbang serta distribusinya yang terjangkau masyarakat.

GPM atau Bazar Pangan Murah ini salah satunya adalah memastikan ketersediaan pangan.

''Kami bekerja sama dengan Bulog, distributor, bahkan langsung dengan petani untuk bisa mendapatkan komoditas terbaik dan dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasar,'' imbuh mantan Asisten II Sekdako Pekanbaru ini.

Elsyabrina berharap program ini bisa membantu masyarakat, khususnya untuk mendapatkan pangan yang terjangkau, konsumsi yang sehat dan bergizi berimbang seta ketersediaan pangan yang mencukupi.

Secara simbolis, pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan sembako untuk perwakilan warga juga perwakilan IKWI Provinsi Riau oleh Kadis Ketahanan Pangan El Syabrina juga Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.(Yani)