Jhony Charles Ajak Masyarakat Turut Serta Atasi Karhutla di Riau

Sabtu, 27 Mei 2023

Tokoh muda Riau asal Rokan Hilir, Jhony Charles

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Kembali terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau  di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, tepatnya di Desa Dungun Baru, Kamis  kemarin perlu menjadi perhatian semua pihak termasuk masyarakat.

Pasalnya menurut Tokoh muda Riau asal Rokan Hilir, Jhony Charles, semua pihak memiliki tanggung yang sama untuk penanganan Karhutla. Minimal dengan tidak melakukan hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah sekitar atau lingkungannya.

“Menangani Karhutla ini bukan hanya tugas pemerintah dan aparat saja tapi juga tanggung jawab masyarakat. Tenaga pemadam juga terbatas dan tentu butuh waktu juga  kalau yang terbakarnya luas,” tegas pria yang akrab disapa JC ini, Jumat (26/5).

Dikatakan JC masyarakat bisa mulai menunjukkan kepedulian atau  andilnya dengan tidak membakar lahan saat akan membuka lahan baru. Atau juga tidak sembarangan  membuang puntung rokok yang masih menyala bara apinya. Apalagi saat berada di kebun, tanah kosong atau di hutan.

“Dengan kondisi cuaca yang ekstrem ini, sedikit saja ada pemicu kebakaran tentu langsung akan menjadi besar. Saatnya kita semua peduli dan sadar dengan dampak lingkungan yang nanti ditimbulkan akibat kebakaran,”imbuh JC lagi.

JC juga berharap aparatur yang ada ditingkat bawah untuk bisa terus menerus memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan.

“Segera laporkan kepada petugas dan aparat setempat yang terdekat jika di daerahnya ditemukan ada kebakaran hutan dan lahan. Sehingga  api bisa segera ditangani oleh petugas dan bisa dipadamkan dengan segera,”tutupnya. (Yani)