Naik 1,8 Persen, Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Capai 11.297 Ekor

Rabu, 14 Juni 2023

ilustrasi

PEKANBARU, DENTINGNEWS----Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru memprediksi kebutuhan hewan kurban tahun mencapai11.297 ekor. Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 11.084 ekor.

."Naik sekitar 1,88 persen dibandingkan tahun lalu dengan hewan kurbannya terdiri dari sapi, kerbau dan juga kambing," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru M Firdaus,Rabu (14/6).

"Hingga tanggal 11 Juni kemarin ketersediaan hewan kurban di Kota Pekanbaru baru 6.778 ekor yang terdiri dari sapi 4.597 ekor, kerbau 1.066 ekor dan kambing atau domba 1.115 ekor," sebut Firdaus.

Guna memenuhi kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru, selain didatangkan dari  Kabupaten/Kota yang ada di Riau juga  dari luar Provinsi Riau. Seperti Jambi dan Lampung 

"Namun tentunya hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru wajib memiliki dokumen kesehatan. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit. Bakal ada tim yang memeriksa administrasi atau dokumen pengangkutan hewan kurban. Kita ingin memastikan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru bebas penyakit," terang Firdaus lagi.

Firdaus mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan hewan kurban ke sejumlah titik penjualan hewan kurban. Tidak hanya melakukan pemeriksaan Kesehatan hewan kurban namun juga memastikan hewan tersebut sudah sesuai syariat Islam untuk menjadi hewan kurban. (yani)