Riau Berpotensi Hujan, JC Ingatkan Pengurus Masjid Antisipasi Tempat Sholat Idul Adha

Rabu, 28 Juni 2023

tokoh muda Riau asal Rokan Hilir, Jhony Charles

PEKANBARU,DENTINGNEWS---Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur wilayah Riau sesuai dengan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Menyikapi ini , Tokoh muda Riau asal Rokan Hilir, Jhony Charles, mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal didaerah rawan banjir untuk mulai waspada. Apalagi kita akan merayakan Idul Adha yang biasanya pelaksanaan sholat digelar dilapangan selain juga didalam masjid.

“Mungkin untuk pengurus masjid bisa mensiasati bagaimana pelaksanaan sholat Idul Adha tetap bisa berjalan lancar kalaupun digelar di lapangan. Sebab intensitas hujan deras sepertinya sudah mulai sering,”kata pria yang akrab disapa JC ini.

JC juga sepakat untuk pelaksanaan Sholat Idul Adha tidak dipaksakan dilapangan jika memang kondisi lapangan tidak memungkinkan. Supaya masyarakat yang melaksanakan sholat nanti bisa lebih khusyuk.

Ditambahkan JC , kalau menurut data BMKG potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kota Pekanbaru, Pelalawan, Indragiri Hilir dan juga Kepulauan Meranti. Lalu pada siang hari tak ada potensi hujan, cuaca cenderung cerah berawan. Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, Kuantan Singingi, Kota Dumai, Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan juga Siak.

“Sore dan malam hari ini kita sudah patut waspada, kalau daerah rendah tentu akan mudah sekali timbul genangan dan banjir," ujar JC.

Dikatakan JC, pihak terkait seperti BPBD setempat serta juga aparatur pemerintahan yang ada ditingkat bawah juga sebaiknya turut waspada. Karena kejadian banjir ini sudah berulang terjadi, tentunya mereka sudah paham sekali apa yang mesti dilakukan.

“Namun tetap sosialisasi ke masyarakat untuk mengatasi banjir tetap perlu dilakukan sejak awak, walaupun mereka sudah terbiasa juga menghadapi banjir. Mungkin saat ini sudah mulai ditentukan juga dimana tempat penguhgsian atau tenda yang bisa dibangun kalau nanti debit air meningkat.

Untuk diketahui, BMKG Pekanbaru mencatat suhu udara Riau berada di angka 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan Udara 50 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Selatan – Barat dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam. (yani)