Wan Abu Bakar Sebut Afni Punya Jiwa Kepemimpinan, Matang dan Berpengalaman

Rabu, 16 Agustus 2023

Wan Abu Bakar bersama Dr.Afni Z, mantan Bupati Siak dua periode Arwin AS, dan Zulkifli (Ayahnda Afni).

SIAK,DENTINGNEWS---Jelang memasuki tahun politik 2024, beberapa nama mulai muncul ke permukaan untuk meramaikan Pilkada Kabupaten Siak. Salah satu nama yang tengah ramai diperbincangkan saat ini adalah sosok anak jati Siak yang sudah berkiprah lama di kancah Nasional, Dr.Afni Z, M.Si.

Tokoh masyarakat Riau Wan Abu Bakar menilai Afni memiliki jiwa kepemimpinan, kematangan dan pengalaman komunikasi di berbagai level mulai masyarakat biasa sampai tingkat Pemerintah Pusat. Terbukti saat ini Afni masih dipercaya sebagai Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

"Afni ini ya pertama jiwa kepemimpinan ada. Mungkin kematangan dan pengalaman dia juga, komunikasi di pemerintah pusat sebagai tenaga ahli menteri," ujar mantan Gubernur Riau ini usai menghadiri acara bedah buku mantan Bupati Siak Arwin AS berjudul "Aku Untuk Siak" yang digelar di Siak, Senin 14 Agustus 2023.

Dikatakan Wan Abu Bakar, apa yang menjadi filosofi buku "Aku Untuk Siak" harusnya dapat mengalir pada Afni mengingat ia juga adalah penulis buku tentang kepemimpinan Bupati Siak pertama Arwin AS.

"Dia (Afni) anak jati Siak. Apa yang jadi filosofi buku 'Aku Untuk Siak' harus mengalir pada dia, itu makna dari buku ini, roh (buku) nya harusnya, hendaknya bisa dilanjutkan oleh beliau ini ke depan," ungkap Wan Abu Bakar.

Wan Abu Bakar juga menyebut tidak ada masalah jika nantinya Siak dipimpin oleh perempuan. Di Riau, kata Wan Abu Bakar sudah ada dua daerah yang dipimpin perempuan, yakni Kabupaten Bengkalis dan Indragiri Hulu.

"Apalagi Siak, wajar saja. Bukan soal laki-laki atau perempuan, tapi kemampuan kepemimpinannya, keberaniannya membuat kebijakan yang menyentuh rakyat," tegas Wan Abu Bakar.

Sementara, mantan Bupati Siak Arwin AS menilai Afni sebagai sosok yang memiliki perhatian kepada masyarakat.

"Dia ini kan sudah macam anak saya. Dari sisi pengalaman dia sudah sampai Kementerian dan segala nacam. Orangnya bagus, baik dan punya perhatian juga kepada masyarakat," pungkas Arwin usai acara bedah buku.

Afni putri asli Siak Sri Indrapura, kelahiran 1985. Ia memulai karir sebagai jurnalis grup Jawa Pos dan Dosen, sebelum diangkat sebagai Tenaga Ahli Menteri di usia yang belum genap 30 tahun, salah satu Tenaga Ahli termuda yang pernah ada di KLHK RI.

Afni dikenal aktif mengunjungi, mendengar, dan aktif menyelesaikan persoalan masyarakat di kampung-kampung yang berkaitan dengan kehutanan dan lingkungan hidup.

Berbagai program Nasional telah dibawanya sampai ke tingkat tapak, seperti Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Kebun Bibit Desa, Kebun Bibit Rakyat, Program Mangrove, dan Program Kampung Iklim (Proklim). Ia berusaha merangkul semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga kalangan anak muda.

Ia juga ikut terlibat langsung mengawal kebijakan distribusi Perhutanan Sosial, dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA). Perjuangan hak masyarakat adat untuk dapat segera masuk dalam peta indikatif Wilayah Hutan Adat atau Wilha, juga menjadi salah satu konsentrasinya.(rls)