Pj Walikota Pekanbaru Kritik PDAM Soal Galian Pipa

Rabu, 11 Oktober 2023

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun

PEKANBARU,DENTINGNEWS--Kurangnya perencanaan PDAM untuk penggantian dan pemasangan pipa PDAM disejumlah ruas jalan di Pekanbaru mendapat kritikan dari Pj Walikota Pekanbaru, Mulihun. Pasaln ya galian yang dilakukan PDAM di bahu jalan banyak dikeluhkan masyarakat dan menggangu kelancaran lalu lintas.

Dikatakan Muflihun, mestinya PDAM tidak melakukan penggalian jalan secara berulang. Sehingga tidak membuat masyarakat menjadi terganggung. Disamping juga untuk bagian jalan yang sudah digali, kembali ditutup rapi seperti kondisi jalan semula dan bukan hanya ditutup seadanya.

"Makanya PDAM harus punya perencanaan yang bagus. Ketika pekerjaan berdampak terhadap jalan, sampaikan kepada camat, informasikan, sehingga masyarakat bisa tau di daerah tersebut akan ada penggalian," ujarnya, Rabu (11/10).

Pada kesempatan itu, Muflihun juga menyesalkan rendahnya koordinasi antara manajemen PDAM dengan Camat dan Lurah setempat yang jalannya diwilayahnya masuk dalam pemliharaan jaringan PDAM.

Sehingga pihak kecamatan dan kelurahan juga tidak bsia menjelaskan dengan baik kepada masyarakat alasan penggalian yang dilakukan oleh PDAM saat ini.

“Kalau sekarang kan tidak (ada koordinasi). Karena itu Saya sudah telepon langsung pak Agung (Dirut PDAM Tirta Siak), tolong informasikan kepada camat, lurah dan RT/RW kalau di daerah itu ada penggalian," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Muflihun, penanaman pipa oleh PDAM memang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga. Namun, pekerjaan yang berdampak terhadap jalan, itu harus menjadi perhatian.

"Jadi tidak menimbulkan persoalan baru. Kita memang butuh air bersih sampai ke masyarakat, tapi masyarakat juga butuh infrastruktur jalan yang bagus," tutupnya.(yani)