Jelang Puasa ini, Kebutuhan Sapi di Pekanbaru Diperkirakan Lebih dari 500 ekor

Kamis, 07 Maret 2024

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, drh Firdaus

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Ketersediaan daging sapi menjelang dan masuknya bulan puasa ini hingga lebaran Idul Fitri masih aman atau mencukupi. Hal ini diinformasikan Kepala  Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru Firdaus.

Meski belum bisa memprediksi adanya kenaikan kebutuhan daging sapi di Pekanbaru untuk tahun ini, namun Firdaus menyebut, biasanya   lonjakan permintaan untuk daging sapi akan terjadi mulai terjadi satu minggu sebelum puasa.

“Kalau untuk lebaran biasa juga satu minggu sebelum lebaran. Kalau untuk jelang puasa ini kita perkirakan kebutuhan sapi mencapai  417 ekor sedangkan  H-7 Idulfitri kebutuhan sapi mencapai  506 ekor,”jelas Firdaus, Selasa (7/3).

Firdaus menyebut, untuk cadangan sapi yang ada di Pekanbaru saat ini sudah dilebihkan sekita 30 persen dari total kebutuhan keseluruhan. Sapi-sapi itu sendiri dipasok dari Kabupaten Kota yang ada di Riau dan juga dari Lampung,  Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

“Kalau untuk ketersediaan sapinya masih aman dan sangat mencukupi karena memang sudah dilebihkan dari total kebutuhan,”tegasnya.

Terkait harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Pekanbaru menurut Firdaus masih relative stabil dikisaran harga Rp 140 ribu per kilogram. (yani)