Pemkab Siak Waspada Karhutla

Kamis, 21 Maret 2024

ilustrasi

SIAK,DENTINGNEWS---Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun 2024 akan lebih kering daripada tahun sebelumnya.

Berkenaan dengan hal itu, maka pencegahan potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) memerlukan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak.

Sejumlah upaya untuk mencegah Karhutla, seperti patroli terpadu, sosialisasi, dan langkah lainnya harus terus dilakukan.

"Apalagi dengan kondisi prakiraan BMKG yang menyatakan musim kemarau tahun ini akan lebih kering. Ini tentu menjadi perhatian serius bagi semua, terutama kaitannya dengan potensi terjadinya karhutla," kata Bupati Siak Alfedri dikutip Kamis (21/3/2024).

Selain itu, Bupati Siak juga memandang penting untuk terus mengedukasi masyarakat dan menyediakan sarana serta prasarana penanggulangan Karhutla.

"Kami mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat atau mengetahui adanya potensi terjadinya Karhutla," ajaknya.

Dalam hal ini, Kapolres Siak, Asep Sujarwadi juga mengingatkan seluruh lapisan masyarakat untuk tetap waspada karhutla.

"Dalam situasi ini, semua pihak, termasuk jajaran TNI Polri, sukarelawan, pemda, serta perangkat kecamatan, kelurahan, dan desa diminta untuk melaksanakan siaga satu," imbuhnya. (aya/MCR)