Mendag RI Zulkifli Hasan Resmikan Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru

Senin, 24 Juni 2024

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan saat meninjau Pasar Palapa

PEKANBARU,DENTINGNEWS--- Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan hadir secara langsung meresmikan Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru, Senin (24/6/2024).

Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa bahwa pasar merupakan sarana penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat. Adapun pasar rakyat yang diresmikan tersebut bisa menampung hingga 100 pedagang. 

"Bersyukur kita, pasar yang kita resmikan hari ini bisa menampung kurang lebih 100 pedagang untuk berjualan di sini. Kepedulian terhadap pasar ini menjadi salah satu program pemerintah untuk masyarakat," kata Zulkifli Hasan saat memberikan sambutan.

"Kita ingin Indonesia itu maju, ownership nya itu banyak bukan konglomerasi tetapi kesetaraan. Itulah tujuan kita merdeka, yakni adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Termasuk ekonomi Pancasila," imbuhnya.

Lanjut Mendag RI, artinya pemerintah membangun pasar bertujuan untuk memperluas ownership. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan cara mendekatkan pasar kepada masyarakat.

Mendag RI berpendapat bahwa kalau keuangan negara cukup, maka setiap kecamatan yang ada di Indonesia ini layak mempunyai pasar rakyat minimal satu. Karena pasar mampu mendekatkan ekonomi kepada rakyat.

"Selain mendekatkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, pasar juga menjadi bagian dari mengembangkan dan melatih Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di daerahnya masing-masing," tutur Zulkifli Hasan.

Bersamaan dengan peresmian Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru, Menteri Perdagangan Republik Indonesia juga meresmikan Pasar Minggu Kabupaten Rokan Hulu, pasar ini mampu menampung lebih kurang 50 pedagang.

Sebagai informasi, Pj Sekdaprov Riau Indra didampingi Kepala Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop-UKM) Provinsi Riau, Taufik OH. Turut ahadir Asisten II Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut dan tamu undangan lainnya.

(aya/MCR)