Kanal

Hadapi Musim Hujan, BPBD Ingatkan Masyarakat Waspada Banjir

 

PEKANBARU,DENTINGNEWS---Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat  kota Pekanbaru untuk waspada menghadapi musim hujan yang diperkirakan pada Oktober mendatang.

Disampaikan Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, saat ini Kita Pekanbaru dalam masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan atau disebut kemarau basah.

"Kemarau basah ditandai dengan hujan yang tiba-tiba disaat cuaca panas, nanti nanti di Oktober curah hujan diperkirakan akan tinggi,"jelas Zarman, Rabu (7/9).

Dikatakan Zarman, pada musim hujan hal yang paling perlu diwaspadai masyarakat adalah banjir. Karena ada beberapa wilayah di Kota Pekanbaru yang masih rawan banjir.

Namun berbagai upaya antisipasi menurutnya sudah dilakukan oleh BPBD dan juga OPD terkait lainnya yang berhubungan dengan banjir.

"Kami sudah melakukan juga sosialisasi ke masyarakat bagaimana cara pencegahan agar tidak terjadi banjir. Karena kita di Pekanbaru ini dihadapkan pada dua musim. Musim kemarau kita rawan Karhutla, kalau musim hujan timbulnya banjir,"terang Zarman lagi 

Lebih lanjut Zarman juga berharap masyarakat betul-betul menjalankan upaya pencegahan banjir dengan tidak membuang sampah sembarangan. Seperti membuang ke sungai atau juga drainase. Sebab hal ini rawan menimbulkan banjir.

"Sampah bisa menjadi musibah, dengan situasi saat ini kita dihadapkan cuaca ekstrem. Kami berharap masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Kalau aliran tersumbat tentu bisa menyebabkan banjir,"tutup Zarman. (Yani)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER