Kanal

Jaga Stabilitas Harga, Pj Sekda Pekanbaru Pantau Harga Cabai di Pasar Induk

PEKANBARU,DENTINGNEWS--- Menjaga stabilitas harga dipasar tradisional di Kota Pekanbaru, Pj Sekda Pekanbaru, Senin (16/1) dini hari melakukan pemantauan langsung ke pasar induk sementara yang berada di terminal Bandaraya Payung Sekaki.

Kepada wartawan Pj Sekda Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, kegiatan yang dilakukan dalam upaya menjaga inflasi agar tidak terus naik, bahkan jika memungkinkan diupayakan bisa turun.
 
"Kita melakukan pemantauan stok barang yang ada di kota Pekanbaru ini, baik sayuran , bawang, beras, cabai termasuk komiditi lain  seperti ayam dan telur,"ungkap Indra.

Menurut Indra, untuk komoditi cabai yang merupakan salah satu pemicu inflasi di Kota Pekanbaru harganya terpantau mengalami kenaikan.

"Yang  paling berpengaruh terhadap inflasi itu harga cabai . Untuk Pekanbaru pasokannya berasal dari Sumbar dan Aceh. Ternyata konsumsi cabai di Pekanbaru per hari itu mencapai 25 ton. Ini yang harus kita jaga harganya jangan sampai naik diatas ambang batas karena bisa meningkatkan inflasi,"jelas Indra lagi.

Lebih lanjut Indra menerangkan, dari penuturan pedagang di pasar induk banyak hal yang menyebabkan harga cabai menjadi naik. Seperti musim panen yang terganggunya, kenaikan dan kelangkaan BBM serta juga permintaan yang tinggi.

"Bisa juga karena lamanya jarak tempuh dari daerah pemasok kesini, karena mempengaruhi pemakaian BBM kendaraan,"kata Indra.

Lebih lanjut, Indra menyatakan, Pemko Pekanbaru dan tim pengendali inflasi daerah akan mempelajari langkah apa yang bisa dilakukan untuk meneka kenaikan harga ini.

"Supaya kita tidak mengalami inflasi, kalau bisa malah deflasi,"tutup Indra. (Yani)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER