Kanal

Selesaikan Banjir di Jalan Darma Bakti, Pemko Pekanbaru Akan Buat Parit ke Sungai Air Hitam

PEKANBARU,DENTINGNEWS---Banjir yang kerap menggenangi Jalan Darma Bakti, Kecamatan Payung Sekaki mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menjelaskan, kondisi jalan yang lebih rendah dari bangunan di kiri-kanan jalan memgakibatkan air menumpuk di jalan.

Kondisi ini lanjut Indra diperparah dengan kondisi wilayah jalan yang cekung dan rendah. Air hujan yang datang dari ruko-ruko tidak mengalir ke dalam parit, melainkan ke badan jalan.

Tak hanya itu, kondisi drainase di Jalan Darma Bakti juga lebih tinggi dari jalan. Sehingga air dari jalan sulit masuk ke dalam drainase.

"Selain kondisi curah hujan yang tinggi, kondisi parit di Jalan Darma Bakti juga tidak terkoneksi. Akibatnya muncul titik banjir dimana-mana,"terang Indra, Selasa (17/1).

Kepada wartawan Indra menyatakan pihaknya sudah bergerak cepat untuk menangani Jalan Darma Bakti yang diperkirakan titik yang rawan tersebut ada sepanjang 50 meter.

"Kita hari ini sudah mulai menimbun jalan itu, ditinggikan sedikit, kalau setinggi ruko tidak bisa. Tapi kita tinggikan sedikit," sebut Indra.

Selain juga nanti dibuat parit disepanjang Jalan Darma Bakti tersebut. Untuk parit yang sudah terlanjur ditutup warga, lanjut Indra segera akan dibongkar oleh Dinas PUPR.

"Nah ini sebenarnya menjadi salah satu penyebab kenapa jalan itu tergenang, karena ditutup semua oleh masyarakat," ungkap Indra.

Sementara ini kata Indra, pihaknya sedang membersihkan parit-parit di jalan tersebut. Hal itu agar air parit itu terkoneksi kembali, baik ke kiri dan kanan.

Pihaknya pun akan membangun drainase ke Sungai Air Hitam, termasuk dari rawa-rawa tersebut. Dengan dibangun drainase baru, sehingga bisa langsung ke Sungai Air Hitam.

"Kita sudah kirim alat berat ke sana, supaya air dari situ nanti konek ke Jalan Guru. Ada parit besar di situ kita koneksikan. Kemudian jalannya sendiri kita tinggikan kita lapis atasnya pakai beton," jelas Indra. (Yani)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER