Kanal

Harga Sembako Terus Naik , DPRD Pekanbaru Ingatkan Instansi Terkait Pantau Harga

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra, meminta instansi terkait di Pemko Pekanbaru, untuk terus memantau perkembangan harga barang pokok (sembako) . Khususnya menjelang masuknya bulan Ramadan, karena hingga saat ini harga sejumlah bahan pokok terus mengalami kenaikan.

"Perkembangan yang terjadi saat ini memang seperti itu. Ada beberapa item sembako yang harganya mengalami kenaikan. Ini harus dipantau secara serius. Harus diantisipasi berbagai kemungkinan. Jangan sampai ada oknum dari kelompok tertentu mengambil keuntungan pribadi dari kondisi ini, " tegasnya, Selasa (14/3/ 2023).

Menurut Munawar, kenaikan harga sembako menjelang datangnya Ramadan, memang selalu terjadi setiap tahun. Yang pasti, kebutuhan akan bahan pokok memang meningkat. Namun menurut politisi Partai NasDem ini, dalam kondisi seperti saat ini, petugas dari instansi terkait di lingkungan Pemko Pekanbaru juga harus meningkatkan pengawasan dan pemantauan di lapangan. Sehingga bila terjadi hal-hal yang tak terduga, langkah antisipasinya sudah disiapkan.

Lebih lanjut, pria yang kini maju sebagai bakal calon anggota DPRD Riau ini mencontobkan, petugas harus selalu mewaspadai aksi spekulan atau penimbun, yang bisa membuat harga sembako makin meroket. "Atau misalnya terjadi pasokan terganggu karena bencana alam. Itu juga harus sudah siap. Intinya, kita harus mengantisipasi setiap kemungkinan yang bakal terjadi dan berdampak terhadap harga sembako di pasaran," Ingatnya.

Ditambahkannya, kondisi yang terjadi seperti saat ini, merupakan konsekuensi karena Pekanbaru masih mengandalkan pasokan sembako dari daerah lain. Idealnya, dari tahun ke tahun kondisi ini bisa diperbaiki. Sehingga ketergantungan itu bisa terus ditekan dari waktu ke waktu. Kolaborasi yang baik antara instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Ketahanan Pangan, juga sangat dibutuhkan. "Bukan tidak mungkin dengan masih adanya lahan yang tersisa di Kota Pekanbaru, kita bisa memenuhi kebutuhan kita sendiri, meski tidak semuanya," Ujarnya.

Munawar berharap, kenaikan harga sembako ini tidak sampai berlarut-larut. Apalagi sampai mengusik ketenangan kaum Muslim warga Kota Bertuah dalam menghadapi bulan suci Ramadan. "Saya rasa ini adalah harapan kita bersama. Kita bisa menyambut Ramadan dengan hati yang tenang, " pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, membenarkan sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga menjelang Ramadan. Di antarnya telur, daging ayam, cabai, dan lainnya. Yang terbaru adalah bawang putih yang kini mencapai Rp38 ribu per kilo.

Beberapa komoditas memang mengalami kenaikan harga. Seperti bawang putih juga. Kita koordinasikan dengan Dinas Pertanian dan Perikanan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok. Karena kenaikan harga ini salah satunya disebabkan kelangkaan suplai, maka kita harus menjaga ketersediaan suplai bahan pangan ini," ujarnya, seperti dilansir media lokal. (Yani)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER