Kanal

Isian Martabaknya Penuh Daging dan Kuah Pedas, Asam , Manis

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Martabak mesir atau martabak kubang adalah kudapan yang terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging berbumbu (utamanya rendang daging sapi yang sudah dicincang), dan daun bawang serta disajikan bersama kuah cuka dan berasal dari Nagari Kubang, sebuah nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Terlepas dari namanya, martabak Mesir  bukan berasal dari negara Mesir, melainkan dari Indonesia. Masyarakat di luar Sumatra Barat, lebih sering menyebutnya sebagai Martabak Kubang. Adapula yang menyebutnya sebagai Martabak Padang, karena masyarakat non Minangkabau lebih mengenal etnis penjualnya sebagai Orang Padang.

Martabak Mesir terlihat serupa dengan martabak telur, tetapi berbeda dari bahan-bahan yang digunakan maupun penyajiannya. Makanan ini juga merupakan perpaduan antara cita rasa Timur Tengah - India dengan citarasa lokal Minang.

Di Pekanbaru sendiri cukup banyak outlet martabak Kubang. Meski memiliki nama yang sama namun martabak Kubang memiliki rasa yang sama. Seperti halnya martabak Kubang produk dari Dapur Kubang, Jalan Sepakat , Kelurahan Pembatuan - Kecamatan Kulim tepatnya disamping Galaxy ponsel.

Martabak mesir Dapur Kubang satu porsinya seharga Rp 20 ribu. Dengan isian daging yang super banyak dan tebal.

Sementara kuahnya juga istimewa dibanding martabak mesir lainnya.
Ada rasa pedas, asam dan manis.
Bagi pecinta martabak mesir pasti bisa membedakan rasa martabak mesir dapur Kubang dengan martabak lainnya.

Selain martabak mesir juga ada roti canai.Roti canai adalah sejenis roti pipih dengan pengaruh India yang dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Roti ini bisa ditemukan di gerai mamak di Malaysia atau di rumah makan Aceh dan Sumatra Barat di Indonesia.

Roti canai Dapur Kubang banyak varian topingnya. Ada canai kuah kari,  canai keju dan canai cokelat keju.
Canai Dapur Kubang empuk saat digigit dan tidak  enek serta  porsinya banyak. Kuah karinya gurih dan bisa juga menggunakan   kuah martabak mesir. Harga satu porsi roti canai Rp 6 ribu. Selain itu juga ada ancanai isi telur dengan harga Rp 10 ribu.

Untuk membeli martabak mesir dan juga roti canai olahan Dapur Kubang bisa juga melalui online di 081270058717***




 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER