Kanal

Dinsos Pekanbaru Prediksi Jumlah Pengemis Meningkat Jelang Lebaran

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Hingga lebaran nanti, jumlah pengemis di Kota Pekanbaru akan mengalami peningkatan dibanding hari biasa. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus, Selasa (12/4).

Disebutkan Idrus, tempat mangkal para pengemis paling banyak di persimpangan lampu merah serta ruas jalan yang ramai dilalui kendaraan pribadi seperti di jalan Diponegoro.

“Itu sudah musimnya seperti ini, itu semakin dekat lebaran nanti semakin banyak orang yang datang,”ungkap Idrus.

Menyikapi kehadiran para pengemis yang biasanya datang dari luar kota ini, pihak Dinas Sosial dinyatakan Idrus rutin melakukan razia. Meskipun razia tanpa disertai Satpol PP, pihaknya juga melalukan razia ke lapangan.

Namun sayangnya, ada beberapa titik yang ketika didatangi petugas tidak ditemukan adanya pengemis, tapi begitu petugas pergi, pengemis kembali mangkal diwilayah tersebut.

“Kita sudah komitmen dengan Satpol PP dan Dishub ini kita akan tiap hari akan melakukan razia  pagi, sore kalau perlu Magrib juga. Main kucing-kucingan juga mereka ini, disaat kita razia mereka menghilang, nanti kita pergi muncul lagi,”terang Idrus.

“Kita nanti bagi 4 tim, satu tim 10  orang. Mungkin sekali satu jam kita sudah sampai dititik mangkalnya pengemis,”imbuh Idrus lagi.

Selama ini lanjut Idrus, untuk pengemis yang diketahui berasal dari luar kota akan dipulangkan lagi oleh Dinas Sosial Kota Pekanbaru ke daerah asal. Sementara jika yang bersangkutan adalah warga Pekanbaru dan terlantar akan dibawa ke rumah penampungan Dinas Sosial untuk diberi pembinaan. (yani)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER