Kanal

Pastikan Kesehatan Hewan Qurban, Distankan Disarankan Lakukan Pemeriksaan Intensif

PEKANBARU , DENTINGNEWS---- Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra mengingatkan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru untuk memperketat pengawasan terhadap  hewan qurban guna kebutuhan  Hari Raya Idul adha 1444 H.

Dikatakan Munawar, jika pengawasan sudah ketat dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pihak terkait lebih intensif semoga tidak ada hewan qurban yang kesehatannya bermasalah masuk ke Pekanbaru.

“Saya sarankan untuk pemeriksaan hewan qurban jangan lagi hanya sampel saja atau hanya secara acak, karena yang paham dan tahu pasti hewan qurban itu sehat atau tidak tentu petugas Distankan. Kalau memungkinkan sebelum hari  H pemeriksaannya bisa lebih intensif,” pinta Munawar.

Lebih lanjut Munawar juga mengingatkan kepada para pengurus mesjid untuk tidak tergiur membeli sapi qurban dengan harga rendah jika tanpa disertai surat kesehatan hewan.

“Jangan sampai pengurus mesjid tertarik hanya karena harga hewan qurbannya lebih murah, karena ini daging qurban akan dibagikan ke masyarakat banyak,” imbuh Munawar lagi.

Munawar juga  menyampaikan dengan banyak ragam penyakit terhadap sapi  yang biasanya banyak dijadikan hewan qurban, semua pihak mesti waspada dan peduli.

“Bersama kita saling menjaga, baik itu dari pemerintah dan juga masyarakat,” tegas Munawar.

Untuk diketahui, pada Idul Adha tahun ini diperkirakan kebutuhan hewan qurban di Pekanbaru mencapai 9.000 ekor. Terdiri dari 7 ribu ekor sapi dan 2 ribu ekor kambing.(Yani)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER