Kanal

Disdik Pekanbaru lakukan Sosialisasi PPDB SMP dan SD, Siswa Boleh Pilih Dua Sekolah

PEKANBARU, DENTINGNEWS---Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru sudah mulai melakukan sosialisasi PPDB tingkat SMP dan SD di Kota Pekanbaru kepada kepala sekolah.

Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul jamal, tahun ini ada 5 sekolah yang masuk zonasi.  Sehingga siswa bisa memilih dua sekolah yang diinginkan namun tetap tetap saja peluang terbesar adalah yang terdekat dengan sekolah.

“Contoh, tahun ini zonasi itu kan tidak berdasarkan wilayah kita lagi, jadi tidak lagi ditentukan RT ini ini, tidak. Jadi kita berikan saja lima sekolah yg terdekat dari rumah calon peserta didik, mau satu kilo, mau dua kilo, jd semua dapat zonasi. Dari lima sekolah yang kita tentukan, ini ada di titik ini. Nanti sistem kita menunjukkan sekolah ini, sekolah itu yg terdekat,”jelas Jamal, Jumat (9/6).

“Dari 5 sekolah ini, nanti dipilih dua sekolah atau dua pilihan. Kalau tahun lalu kan satu. Jadi tahun ini kita beri kemudahan, kalau tidak lulus di pilihan A, kita geser ke pilihan B. Tapi ini tidak berarti diterima langsung, tentu seleksi tetap. Peluang terbesar tentu yang terdekat dengan sekolah,”imbuh Jamal lagi. 

Lebih lanjut dijelaskan Jamal  untuk jalur zonasi pihaknya sudah membuat kebijakan bagi sekolah yang berada di pemukiman padat penduduk seperti Kecamatan Bina Widya kuota zonasi ditetapkan 75 %. Sementara yang jauh dari perumahan penduduk seperti SMPN N 1 jalur zonasi hanya 50 %.

“Kuota nya seperti tahun lalu, bahkan kita sudah nambah 2 sekolah baru untuk ini. Ada 6 lokal lagi yang kita tambah untuk penambahan kuota secara keseluruhan. Yang dibangun baru SMP 50 di Damai Langgeng dan SMP 51 di Meranti Pandak di bawah jembatan Siak IV itu. Itu kita terima tahun ini (peserta didik baru). Jadi itu untuk menambah daya tampung,” tutur Jamal.

Dinas Pendidikan Pekanbaru menetapakan PPDB Tingkat SMP dan SD di Pekanbaru dimulai tanggal 26 Juni ini.(yani)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER