Kanal

5 Ikan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

PEKANBARU,DENTINGNEWS---Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, sejumlah ikan berikut ini tidak boleh dimakan penderita diabetes.
Bagi Anda yang menderita diabetes, sebaiknya menghindari beberapa olahan ikan tertentu. Hal ini untuk menjaga gula darah tetap terkendali.

Jenis ikan yang harus dihindari penderita diabetes adalah yang mengandung banyak merkuri karena memakan ikan-ikan kecil lainnya.

Selain itu, bagi penderita diabetes, memilih sumber protein terbaik sangat bergantung pada seberapa banyak lemak dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Makanan kaya protein yang juga tinggi lemak dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kolesterol tinggi.

Menukil Fatty Crab, mengonsumsi ikan tinggi merkuri dapat menyebabkan keracunan merkuri, yang berdampak negatif pada sistem saraf. Bagi penderita diabetes, yang mungkin sudah mengalami kerusakan saraf karena kondisinya, risiko ini sangat signifikan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jenis makanan laut dan cara pengolahannya tepat.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah ikan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes:

1.Ikan king mackerel

Ikan king mackerel adalah jenis ikan migran yang mudah ditemukan di pesisir seluruh dunia. Tapi, karena ikan ini mudah berpindah, king mackerel justru jadi salah satu ikan yang paling berbahaya untuk dikonsumsi.

Ikan ini mengandung merkuri tingkat tinggi yang berbahaya bagi otak dan sistem saraf. Bagi penderita diabetes, yang mungkin sudah mengalami kerusakan saraf karena kondisinya, risiko ini sangat signifikan.

2. Ikan todak
Ikan todak memiliki ukuran yang cukup besar. Dagingnya juga cukup banyak dan lezat. Tapi, kebanyakan ikan ini justru mengandung merkuri yang cukup tinggi.

Mengutip WebMD, kandungan merkuri pada ikan ini juga jauh lebih tinggi dibanding ikan lainnya. Sebaiknya hindari untuk mengonsumsi ikan ini, terutama bagi penderita diabetes.

3. Ikan hiu
Daging ikan hiu mengandung logam beracun seperti merkuri dalam kadar yang jauh melebihi batas.

Bukan hanya itu, mengutip berbagai sumber, ikan hiu juga bisa membawa racun laut ciguatoxin yang berbahaya dan sering kali berakibat fatal.

Mengonsumsi sepotong ikan yang terkontaminasi ciguatoxin sangat fatal bagi manusia. Bahkan, racun ini bisa menyebabkan kematian.

4. Ikan tongkol

Penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi ikan tongkol karena memiliki kadar merkuri yang tinggi. Disarankan agar penderita diabetes makan ikan tongkol maksimal 2 kali dalam 1 bulan.

Tujuannya untuk mencegah meningkatnya asupan garam yang menyebabkan resistensi insulin dan juga mencegah menumpuknya merkuri dalam tubuh.

5. Ikan yang digoreng
Penderita diabetes sebaiknya juga menghindari ikan yang diolah dengan cara digoreng. Pasalnya, makanan yang digoreng umumnya mengandung minyak trans atau lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan. Ikan yang digoreng dengan minyak panas memiliki risiko tinggi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Itulah 5 ikan yang tidak boleh dimakan penderita diabetes. Semoga membantu.

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER