Kanal

Penanganan Banjir Masih Jadi Program Prioritas Pemko Pekanbaru

PEKANBARU,DENTINGNEWS---- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, terus berupaya mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di beberapa wilayah. Penanganan dilakukan mulai dengan upaya jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menyebutkan, penanganan banjir di Kota Pekanbaru masih menjadi program prioritas Pemko Pekanbaru di samping program lainnya.

"Jadi memang ada beberapa program yang harus kita laksanakan dan menjadi prioritas, seperti jalan berlubang dan penangan banjir," kata Muflihun, Sabtu (25/11).

Apalagi saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tengah getol melakukan upaya normalisasi. Normalisasi terus dilakukan secara simultan setiap harinya.

Tim dari dinas teknis ini menyasar drainase, anak sungai, hingga sungai guna mengeruk sedimen yang menyebabkan jalan air terhambat.

Ada pasukan kuning yang melakukan pembersihan drainase di sejumlah titik setiap harinya. PUPR juga menggunakan alat berat eskavator mini dalam melakukan normalisasi drainase dan anak sungai.

PUPR Pekanbaru tetap berkomitmen untuk mengatasi permasalahan banjir secara simultan. Mereka berpedoman dalam mengatasi masalah ini melalui masterplan penanganan banjir yang telah dibuat.

"Karena pada masterplan penanganan banjir terdapat 300 masalah banjir. Ini yang kami atasi terus. Fokus kita untuk pengerukan sedimen dulu, karena rata-rata sedimentasi semuanya (pendangkalan). Terus alur air ke pembuangan sekunder nya juga banyak yang mati dan rusak," ujar Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah.

Apalagi saat ini memasuki musim penghujan, drainase yang tidak berfungsi bisa menyebabkan banjir. Ia memastikan ada pasukan kuning yang setiap hari melakukan pembersihan di sejumlah ruas jalan. (aya)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER