Kanal

Pendaftar Jalur Zonasi SMP Negeri di Pekanbaru Lebihi Kuota Yang Tersedia

PEKANBARU,DENTINGNEWS---Pendaftar PPDB tingkat SMP Negeri di Kota Pekanbaru di dominasi melalui jalur zonasi. Sampai Sabtu siang pukul 07.12 WIB, untuk jalur zonasi jumlah pendaftar sudah melebihi kuota yang tersedia. Dimana jumlah pendaftar mencapai 8.734 atau 130 persen dengan kuota yang tersedia hanya 6.688.

Sedangkan untuk jalur pendaftaran yang masih jauh dibawah kuota adalah jalur prestasi non akademik  baru terisi 278 dari kuota 742.

Untuk jalur afirmasi dari kuota 1529 baru 766 yang mendaftar, jalur perpindahan orang tua dari kuota 509 yang mendaftar sebanyak 258, prestasi akademik dari kuota 747 yang mendaftar 541.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal menjelaskan untuk jalur pendaftaran zonasi tersedia 75 persen dengan kriteria yang ketat terkait jarak antara rumah siswa dengan sekolah.

"Sekarang ini namanya tempatan, kita sudah petakan harus dibawah 2 km paling jauh. Intinya, jarak rumah dan sekolah paling jauh itu hanya 2 km. Semakin dekat rumah dengan sekolah, semakin besar peluang untuk lulus," ungkap Jamal.

Ia menambahkan untuk peserta didik yang berhasil mendaftar belum tentu semuanya diterima tergantung kuota.

"Kalau kuotanya 200, tapi yang mendaftar 220, 20 harus kita eliminasi. Untuk setiap sekolah memiliki kuota yang berbeda-beda," tambahnya.

Sistem zonasi ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih adil bagi siswa yang tinggal di sekitar sekolah, sekaligus mengurangi beban perjalanan bagi siswa. (aya)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER