Kanal

Capaian Tracing Rendah, Pekanbaru Masih Berada di PPKM Level 2

PEKANBARU, Dentingnews.com-Masih rendahnya capaian penelusuran kontak erat atau tracing kasus covid-19 di Pekanbaru menyebabkan sampai saat ini Kota Pekanbaru masih berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 hingga 17 Januari mendatang.

Namun hasil penilaian Satgas Covid-19 Nasional menurut Walikota Pekanbaru, Firdaus, berbeda dengan  hasil evaluasi tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru sendiri.

Menurut versi Satgas Covid-19 Pekanbaru,  sebenarnya Kota Pekanbaru sudah memenuhi indikator untuk masuk ke PPKM level I. Antara lain capaian vaksinasi Lansia yang sudah mendekati 60 % dan vaksinasi umum sudah 90%.

"Kalau dari hasil evaluasi yang kita lakukan tadi (Selasa-Red), Pekanbaru sudah memenuhi indikator PPKM level 1,"tegas Walikota, Selasa (4/1).

Selain juga dipaparkan Walikota, untuk saat ini jumlah kasus covid-19 di Kota Pekanbaru juga sudah sangat melandai dan mayoritas zonasi covid-19 di kelurahan sudah di zona hijau.

"Untuk zonasi Covid-19 dikelurahan kita juga sudah banyak yang hijau atau sekitar 95 persent dan hanya beberapa saja yang kuning. Tidak ada yang kuning atau juga merah," jelas Walikota lagi.

Sementara terkait hasil tracing  yang masih rendah, Walikota tidak menampik jika tidak mudah untuk mencapai  hasil 1:15.

Sebab hasil tracing itu sendiri dihitung  per kasus walaupun merupakan klaster keluarga.

" Kalau misalnya satu keluarga kena 4 orang, makasi hasil tracingnya harus kita kalikan 15. Ini yang berat bagi petugas untuk mencapainya. Karena tentu yang positif ini juga lebih banyak bersama,"jelas Walikota lagi.

Walikota juga menegaskan, kendati jumlah kasus covid-19 melandai namun tidak menjamin hasil tracing akan tinggi. Karena juga tidak semua masyarakat mau terbuka kemana saja dan pernah kontak erat dengan siapa saja. (Yani)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER