Kanal

5 Pantangan Makanan untuk Sperma Encer Menurut Penelitian

PEKANBARU, DENTINGNEWS.COM-Banyak penyebab yang membuat air mani tidak kental. Hal ini kerap membuat pasangan suami istri khawatir sulit memiliki keturunan.

Namun, kondisi air mani encer sebetulnya dapat normal kembali dengan waktu ideal 70 hari. Untuk mempercepat kekentalannya, ada sejumlah pantangan makanan untuk sperma encer dan beberapa makanan yang dapat dikonsumsi.

Salah seorang peneliti dari The University of Chicago Medicine, Edwin McDonald, MD, mengatakan bahwa dalam 38 tahun terakhir, jumlah sperma rata-rata pria turun 59 persen.

Hingga kini, belum ada yang tahu mengapa jumlah sperma menurun drastis. Namun, para peneliti percaya, sejumlah makanan yang dikonsumsi dapat menurunkan kesehatan sperma hingga membuatnya encer. Di sisi lain, beberapa makanan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Berikut ini 5 pantangan makanan untuk sperma encer untuk membantunya kental kembali dilansir dari laman U Chicago Medicine.

1. Daging olahan

Berbagai penelitian terbaru menyebutkan banyak masalah kesehatan muncul saat seseorang mengonsumsi daging olahan seperti sosis, dendeng, bakso, bacon, salami, dan sebagainya.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makan daging merah olahan berkaitan dengan penurunan jumlah sperma dan memperlemah pergerakannya.

2. Makanan dengan lemak trans

Lemak trans merupakan lemak jenuh yang dapat ditemukan pada daging sapi, kambing, susu, atau keju. Dalam kadar normal, jenis lemak ini tidak membahayakan.

Namun kini, banyak ditemukan lemak trans buatan yang terkandung dalam minyak goreng maupun minyak sayur.

Lemak trans pun dapat dengan mudah ditemukan di banyak makanan, termasuk yang digoreng seperti donat, serta makanan yang dipanggang termasuk kue, kulit pie, biskuit, piza beku, kue kering, hingga kerupuk.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan stroke, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung koroner.

Kaitannya dengan sperma, lemak trans dapat menurunkan kuantitasnya. Ketika jumlahnya rendah, maka sperma yang keluar saat orgasme pun akan encer.

3. Produk kedelai

Produk kedelai mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat menurunkan jumlah sperma sehingga membuat air mani encer.

Namun, Anda tidak perlu berhenti mengonsumsinya. Konsumsi secukupnya, karena makanan ini pun kaya manfaat.

Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Jorge E Chavaroo yang dimuat di National Center for Biotechnology Information. Dalam studi tersebut disebutkan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi produk kedelai justru memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

4. Makanan yang tercemar pestisida

Buah-buahan maupun sayuran yang terpapar pestisida ternyata dapat merusak konsentrasi sperma sehingga membuatnya tidak sehat dan encer.

Bahan kimia dalam pestisida bertindak sebagai xenoestrogen, yakni bahan kimia yang meniru estrogen. Sama seperti fitoestrogen dalam kedelai, xenoestrogen dapat merusak kualitas sperma.

Tidak hanya di sayuran dan buah-buahan, pestisida juga dapat terkandung di ikan jika airnya sudah tercemar. Selain itu, pestisida juga terkandung dalam peralatan masak antilengket.

5. Produk susu tinggi lemak

Meski menyehatkan, susu juga mengandung lemak yang tinggi. Lemak dalam susu inilah yang dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma yang membuat air mani menjadi encer.

Sembari menghindari berbagai makanan di atas, Anda dapat mengonsumi tiga makanan alami yang membantu mengentalkan sperma.

1. Ikan

Dibandingkan dengan daging merah atau daging olahan, Anda lebih baik mengonsumsi daging ikan. Sebuah penelitian kecil menyebutkan konsumsi ikan yang tinggi akan meningkatkan kesehatan sperma sehingga kecepatan pergerakannya meningkat.

2. Buah-buahan dan sayuran

Sebuah penelitian terhadap 250 pria yang spermanya dianalisis di sebuah klinik kesuburan menunjukkan bahwa pria yang makan lebih banyak buah dan sayuran, terutama sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan, memiliki konsentrasi sperma yang lebih tinggi dan pergerakan sperma yang lebih baik dibandingkan dengan pria yang hanya makan sedikit buah dan sayur.

Hal tersebut tidak mengherankan karena produk nabati mengandung antioksidan tinggi seperti koenzim Q10, vitamin C, dan likopen. Mikronutrien ini telah dikaitkan dengan konsentrasi sperma yang lebih tinggi.

3. Kenari

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Biology of Reproduction pada 2012 disebutkan bahwa peneliti menugaskan 117 pria berusia 21 hingga 35 tahun untuk makan atau tidak makan sekira 18 kenari setiap hari selama 12 minggu.

Para peneliti menganalisis parameter sperma sebelum dan sesudah masa studi. Mereka menemukan peningkatan signifikan kesehatan sperma dari orang-orang yang rutin mengonsumsi kacang kenari.

Demikian 5 pantangan makanan untuk sperma encer berdasarkan penelitian dan beberapa makanan yang disarankan. Perubahan gaya hidup akan sangat membantu Anda mendapatkan sperma yang lebih sehat.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER