Kanal

Terus Kembangkan Diri dan Berikan Kinerja Terbaik Sebagai ASN Pemko Pekanbaru

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Sampai saat ini setidaknya sudah 28 tahun Fabillah Sandy SE.MAP yang kini menjabat sebagai Sekretaris BKPSDM Kota Pekanbaru, mengabdikan diri sebagai ASN dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Banyak hal yang sudah dilalui dalam perjalanannya sebagai ASN Pemko Pekanbaru. Tidak hanya perkembangan karir namun juga pendidikan.Dari yang semula hanya ASN golongan 2 A tamatan SMA, Fabillah yang akrab disapa Obet sukses melakukan penyesuaian ijazah sampai jenjang pendidikan S2.

"Saat menjadi staff di Bagian Umum Sekretariat Pemko Pekanbaru, saya mendapat kesempatan untuk menjalani tugas belajar. Dari S1 dan berlanjut ke jenjang pendidikan S2,"kenang Obet.

 

 

Bisa menamatkan pendidikan sampai jenjang pendidikan S2 hingga dilakukannya penyesuaian ijazah,merupakan  hal luar biasa baginya. Karena dengan itu, peluang untuk meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi juga kian terbuka lebar.

Diangkat sebagai ASN Pemko Pekanbaru pada tahun 1994, Obet  menduduki posisi sebagai staff selama 8 tahun pada Bagian Pembangunan Sekretariat Kota Pekanbaru. Kemudian  ditarik menjadi staff di bagian umum hingga dipercaya menjadi Kasubag Tata Usaha Pimpinan di masa ke pemimpinan Walikota Pekanbaru,  H. Herman Abdullah.

Pada waktu inilah menurut Obet menjadi batu loncatan perjalanan karirnya sebagai ASN. Selain juga banyak ilmu dan pelajaran berharga yang didapat saat melayani pimpinan.

"Namanya pelayan pimpinan dan disaat itu kita tahu karakter Pak Herman sangat keras dan disiplin, artinya inilah sekolahnya bagi saya soal  kedisiplinan itu bagaimana .Pagi beliau sudah dikantor dan  pulang lewat dari jam pulang kantor. Itu kami alami selama 4 tahun. Disinilah  kami rasa sekolah pamong sesungguhnya tentang kedisiplinan, konsisten dan komitmen seperti apa melayani pimpinan dan masyarakat,"papar ayah 3 anak ini.

 


Cukup lama berinteraksi secara langsung dengan pimpinan,  diakui Obet banyak cara kerja Herman Abdullah yang melekat didirinya.

Hal ini jugalah yang membuat Obet merasa percaya diri ketika diamanahkan sebagai pemimpin kecamatan di Kecamatan Senapelan.

Diungkap Obet, mendapat kepercayaan sebagai pemimpin kecamatan pada tahun 2019 lalu, juga menjadi hal luar biasa disepanjang karirnya sebagai ASN. Karena sebelumnya ia tidak pernah ditempatkan di kelurahan ataupun di kecamatan.

"Karir menjadi camat termasuk pengalaman kerja yang luar biasa. Dengan beban tugas yang besar di masa itu yakni menyukseskan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden. Alhamdulillah hasilnya berjalan lancar dan  partisipasi pemilih di Kecamatan Senapelan termasuk tertinggi di Pekanbaru,"terang Obet yang juga pernah menduduki posisi Sekretaris di beberapa OPD.

 

 

Dalam perjalanan karirnya, Obet juga beberapa kali  terdampak kebijakan mutasi. Namun menurutnya hal itu adalah hal yang wajar dan selaku ASN mesti siap ditempatkan dimana saja. Bagi Obet juga pantang untuk meminta jabatan kepada pimpinan.

"Pernah merasakan bagaimana dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi, pernah juga merasakan dimutasi ke beberapa OPD dengan jabatan yang sama .Semua saya terima dengan lapang dada, karena sebagai ASN kita harus siap ditempatkan dimana saja, " jelas pria kelahiran Pekanbaru,  20 Maret 1974 ini  

Jauh sebelum dipercaya sebagai Sekretaris BKPSDM Kota Pekanbaru, Obet juga sudah beberapa kali menempati posisi Sekretaris di beberapa OPD lainnya. Seperti Sekretaris Dinas Perindustridan dan Perdagangan serta juga Sekretaris Dinas Pertanahan.

Kini dipercaya sebagai Sekretaris BKPSDM Kota Pekanbaru yang menaungi ribuan ASN dan THL dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru diakui Obet menjadi tantangan tersendiri baginya. Obet juga berterimakasih kepada Pj Walikota Pekanbaru atas Amanah yang diberikan diposisi ini. Karena ini merupakan hal baru baginya dan banyak yang harus dipelajari juga. 

Disamping ia juga harus bisa membangun komunikasi dan  mengakomodir berbagai aspirasi yang disampaikan oleh ASN atau juga THL.

 

 

Obet sendiri menyebut ia berusaha terbuka kepada ASN dan THL dilingkungan Pemko Pekanbaru.

"Pintu ruangan saya selalu terbuka untuk bertamu menyampaikan berbagai keluh kesah atau juga aspirasi, karena dengan itu saya bisa tahu apa yang terjadi dibawah. Dengan jumlah ASN dan THL yang mencapai ribuan orang, tentu tidak mungkin bisa terpantau satu per satu secara keseluruhan, " kata Obet yang dikenal supel oleh kawan-kawannya.

Saat sekarang berada di BKPSDM Kota Pekanbaru, Obet juga menyatakan Siap mensukseskan Program Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun yang berupaya mengembalikan lagi roh ASN Pemko Pekanbaru  sebagai pelayan dan abdi Masyarakat Kota Pekanbaru.

"Kita semua ini ada untuk melayani masyarakat, kita harus sadari itu. Supaya masyarakat bisa mendapatkan pelayanan maksimal untuk apa yang mereka butuhkan yang berhubungan dengan pemerintah, " imbuh Obet lagi.

 

 

Dilain sisi terus berkembangnya karirnya sebagai ASN, Obet mengungkapkan tidak punya banyak keinginan lain, selain bisa memberikan kinerja terbaiknya untuk membantu mengaplikasikan berbagai program dari pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Satu hal lain yang juga terus dijaga  adalah loyal terhadap pimpinan, sebagaimana pesan yang pernah disampaikan oleh almarhum ayahandanya yang juga selaku ASN dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

"Ayah berpesan dimana saja ditempatkan saya harus loyal kepada pimpinan, " kenang Obet.

Lebih lanjut meski hari-harinya disibukkan dengan tugas sebagai salah satu pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, namun Obet menyatakan masih memiliki waktu atau quality time dengan keluarga.

"Hari libur diusahakan menghabiskan waktu dengan keluarga, tidak harus kemana-mana yang penting kebersamaan dengan keluarga, " tutup Obet sambil tertawa ringan. (Eci)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER