Kanal

Galeri Kriya Mandiri : Mulai Saja Dulu, Gencarkan Promosi!

PEKANBARU, DENTINGNEWS--- Memulai usaha kecil rumahan menurut Nopy Yulia Saputri atau akrab disapa Nopy harus memiliki tekad yang kuat.

Hal inilah yang membuat usaha rumahan Nopy yang diberi nama Galeri Kriya Mandiri masih bisa bertahan sampai saat ini.

"Apapun itu usahanya, meski kecil-kecilan mulai saja dulu, urusan laku atau tidak biar menjadi urusan  Allah, yang penting kita berusaha dengan giat promosi,"ungkap Nopy menuturkan awal mula usahanya.

Nopy menyebut, memulai usaha tidak perlu terlalu banyak pertimbangan atau kekhawatiran, karena justeru akan membuat usaha mandeg. Nikmati setiap tahapan dengan senang hati supaya hasilnya juga bisa lebih maksimal.

Nopy mengungkapkan semula ia  sama sekali tidak terpikir untuk membuka usaha kerajinan tangan. Namun karena tidak kunjung mendapat pekerjaan usai tamat kuliah, iseng-iseng Nopy membuat kerajinan tangan dari kain perca.

"Saya mulai belajar buat bross dari kain perca yang harga jualnya lumayan murah .  Semakin kesini model dan trend mulai banyak jadi mulai mengikuti pangsa pasar,  Alhamdulillah sampai sekarang sudah banyak  yang diproduksi dengan beragam bentuk,"jelas Nopy.

Saat ini banyak hasil olahan tangan Nopy yang sukses menarik minat konsumen. Seperti Buket bunga, tower cake, kalung hijab  dan Tasbih digital serta gantungan kunci resin.

Kendati kerajinan yang sama juga banyak  dibuat oleh usaha rumahan lainnya , namun Nopy memastikan produk Galeri Kriya Mandiri memiliki khas tersendiri.

"Lain tangan lain hasilnya meski bahan baku yang digunakan tetap sama,"tekan Nopy.

Untuk berbagai kreasi Nopy yang diberi label Galeri Kriya Mandiri memiliki harga yang terjangkau. Seperti gantungan kunci resin kisaran harga Rp 15 Ribu- Rp 30 Ribu.
Bross jilbab dan accesories craft  kisaran Rp 10 Ribu- Rp  60 Ribu tergantung model. Buket bunga dan Tower Cake  dan lain-lain kisaran dari Rp 65 Ribu - Rp 150 Ribu. Sementara untuk jasa hantaran Rp 60 Ribu / box , Mahar  kisaran Rp 150 Ribu - Rp 450 Ribu. Kerajinan dari barang bekas seperti kotak tisue dari kardus ada vas dari botol bekas. Untuk tasbih digital Rp 30 Ribu ibu - Rp 125 Ribu, kalung hijab Rp 45 Ribu - Rp 90 Ribu dan celengan Target Rp 20 Ribu  - Rp 45 Ribu.

Untuk kepuasan konsumen, Nopy juga menerima orderan sesuai dengan permintaan konsumen.

"Kadang ada yang khusus dibuatkan dengan model yang diinginkan, biasanya saya akan penuhi karena ini bentuk dari pelayanan kepada konsumen. Harganya juga  disesuaikan dengan tingkat kesulitannya. Walaupun modelnya khusus tapi kalau gampang ya tentu harganya juga tidak akan mahal,"tutur Nopy lagi.

Sementara itu untuk pemasaran produk Galeri Kriya Mandiri, Nopy menyebut sudah menjangkau semua wilayah diluar Pekanbaru. Sebab menurutnya, kekuatan media sosial sangat membantu sebagai media promosi.

Nopy mengaku menggunakan platform media sosial seperti Tik tok, Facebook dan Instagram yang memang banyak digunakan orang.

"Minimal dalam satu bulan ada satu produk yang di-posting. Ini sangat membantu sekali, setidaknya konsumen tahu kita ada produk baru yang kita luncurkan,"jelas ibu dua anak ini.

Selain juga Nopy rajin mengikuti berbagai bazar atau juga pameran yang digelar oleh instansi pemerintah atau juga swasta. Momen ini menurut Nopy sangat penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.

Nah, bagi pembaca yang penasaran dengan aneka produk kerajinan tangan Galeri Kriya Mandiri bisa datang langsung ke Jl.Wonosari Gg.Sabar  No.168 Tangkerang Tengah - Pekanbaru atau bisa order via WA : 085364509881FB @ Galeri kriya mandiri atau IG @ Gkmart.id  dan 
Tiktok @Galeri Kriya Mandiri .***

 

 

 

 

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER