Kanal

Jokowi: 70 Persen Masyarakat Divaksin, Covid Bisa Mental

JAKARTA,Dentingnews.com- Presiden Joko Widodo menyebut virus corona bisa mental jika Indonesia sukses melakukan vaksinasi hingga 70 persen sehingga terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal.
Hal itu ia sampaikan saat sosialisasi sekaligus peninjauan vaksinasi di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Kamis (25/3).

"Jadi kalau 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksin, akan terjadi kekebalan komunal, artinya apa? Yang namanya covid mau datang, bisa mental dan tidak menularkan lagi dari orang ke orang, dari warga ke warga, bisa kita hentikan," kata Jokowi di Maluku Tengah, Kamis (25/3).

Jokowi menyampaikan pemerintah berupaya menuntaskan vaksinasi Covid-19 akhir tahun ini. Ia begitu yakin dengan target tersebut.

Menurutnya, target bisa dicapai jika vaksinasi di berbagai daerah berjalan sesuai jadwal. Jokowi berpendapat vaksinasi di Maluku Tengah jadi contoh baik untuk daerah lain.

"Tadi saya lihat di pelabuhan, di Rumah Sakit Leimena juga, kemudian di sini berjalan dengan baik. Saya berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan, para vaksinator yang bekerja keras setiap hari," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap vaksinasi bisa cepat beres. Sehingga, Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19.

"Kita berharap pandemi ini segera selesai dan ekonomi daerah, nasional, ekonomi provinsi bisa bangkit kembali dan kita bisa bekerja dalam kehidupan sehari-hari seperti biasanya," ucap Jokowi.

Pemerintah Indonesia memulai vaksinasi Covid-19 sejak 13 Januari 2021. Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 181,5 juta orang bisa selesai akhir tahun ini.

Namun, catatan vaksinasi berkata lain. Kementerian Kesehatan mencatat vaksinasi baru dilakukan terhadap 5.978.251 orang per Selasa (23/3).

Dari jumlah itu, baru 2.709.545 orang yang menerima dua dosis vaksin. Menurut aturan WHO, setiap orang harus menerima dua dosis vaksin Covid-19 untuk mencapai kekebalan. Artinya, Indonesia baru mampu menyelesaikan vaksinasi terhadap 1,49 persen dari target. (eci/cnnindonesia)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER