Kanal

Covid Korsel Rekor 100 Ribu Kasus Sehari, Pembatasan Dilonggarkan

PEKANBARU, DENTINGNEWS.COM-- Korea Selatan mencetak rekor infeksi Covid-19 dalam sehari dengan mencatat 109.831 ribu kasus pada Kamis (17/2). Jumlah kasus Covid-19 harian tertinggi sejak awal pandemi ini disebabkan Covid-19 varian Omicron yang masih meluas.


Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Korea Selatan (KCDA) mengatakan meski kasus harian melonjak drastis, tapi angka kematian masih relatif rendah. Di hari yang sama, kasus kematian akibat Covid-19 tercatat 45 jiwa.

Melihat data itu, pemerintah Korsel berani melonggarkan aturan jam malam yang mulanya operasional bisnis hanya boleh sampai pukul 21.00, kini menjadi pukul 22.00.


Namun demikian, aturan lain masih diterapkan. Misalnya perkumpulan hanya dibatasi enam orang, wajib karantina sepekan bagi pendatang asing, wajib pakai masker di ruang publik, dan pemberlakuan kartu vaksin.

Langkah-langkah itu akan berlaku hingga 13 Maret.

Belakangan, Seoul memang tengah menghadapi kenaikan kasus akibat varian Omicron. Di tengah situasi ini, pemerintah malah mengurangi strategi pelacakan kontak, penelusuran dan tes Covid-19.

Pemerintah mengatakan strategi tersebut sulit diterapkan karena keterbatasan sumber daya dan menghabiskan ongkos sosial, serta ekonomi yang terlalu tinggi.

Sebelum aturan baru ini diterapkan, Korsel dipuji karena terus melakukan tes dan tracing ketat jika menemukan kasus Covid-19, sehingga penyebaran tak terlalu luas.

Kini, orang-orang yang memiliki beberapa gejala atau tak ada sama sekali menjalani perawatan dari rumah, bukan di fasilitas kesehatan.

Kemudian untuk aturan tes Covid-19, hanya kelompok rentan yang bisa memperoleh tes PCR gratis. Bagi yang bukan kalangan rentan, mereka harus melakukan tes antigen terlebih dahulu sebagai diagnosis awal.

Dilansir Reuters, pergerakan varian Omicron yang masif membuat pengamat menilai kasus harian Korsel masih akan naik dua kali atau tiga kali lipat.

Namun, pemerintahan Presiden Moon Jae-in percaya diri sejauh ini kasus-kasus yang tergolong serius bisa ditangani dan kematian relatif rendah.

Hingga sekarang, total infeksi Covid-19 di Korsel mencapai 1,7 juta kasus dengan kematian 7.283 jiwa. (Eci)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER