Kanal

Bisnis Buket Uang dan Bunga, Raup Ratusan Ribu Rupiah Setiap Hari

 


PEKANBARU,DENTINGNEWS--Ada banyak cara untuk memberikan hadiah pada seseorang atau di saat-saat momen spesial. Biasanya, orang-orang akan memberikan bunga atau membawakan buket bunga sebagai hadiah. Bunga yang diberikan umumnya adalah bunga palsu atau hasil origami yang telah dibuat sedemikian rupa.

Belakangan buket bunga sudah menjadi hadiah biasa, kalah pamor dengan buket uang  yang kian populer dijadikan sebagai hadiah, baik saat ulang tahun, pernikahan, atau wisuda.

Siapa yang tak suka diberi uang? Orang-orang terdekat Anda tentu akan sangat senang, apalagi jika Anda memberinya dengan membentuk uang tersebut menjadi bunga atau buket bunga yang diisi banyak uang.

Peluang usaha buket uang inilah yang berhasil dimanfaatkan oleh Cindy Oktavia Refna , dengan membuka usaha buket uang dan bunga bernama Choco Bouquet Pku.

Cindy menuturkan, awal mulanya membuka usaha buket bunga hanya untuk mengisi waktu luang.

"Saya pada saat itu baru tamat kuliah jadi sambil cari  kerja coba-coba  usaha buket kayak dengan modal awal Rp 150 ribu. Alhamdulillah begitu dipasarkan melalui media sosial, banyak yang tertarik dan mulai berdatangan pesanan,"tutur Cindy.


Menurut Cindy, setiap hari selalu ada pesanan buket. Baik buket bunga, buket uang dan juga buket balon serta juga buket Snack . Selain juga berbagai karangan bunga. Setiap hari pula omset penjualan Cindy terus bertambah.

"Alhamdulillah sekarang omset buket saya sudah berkali-kali lipat dari modal awal,"ungkap Cindy.

Cindy mengaku selalu mengasah kreativitasnya  guna menghasilkan buket yang menarik namun harga tetap ekonomis. Karena buket yang dihasilkan juga harus mengikuti yang sedang tren atau kekinian.

Karena itu pula, Cindy selalu memperkaya kreasi buketnya melalui tutorial yang banyak ditampilkan di internet.


"Cara membuat bunga dari uang kertas sebenarnya tidak terlalu sulit. Langkah-langkah cara membuat bunga dari uang kertas dapat dengan mudah di cari dari internet. Yang dibutuhkan ketika membuat bunga dari uang kertas adalah kesabaran, ketekunan, dan ketelitian agar bunga yang dihasilkan tampak cantik dan tidak merusak uang itu sendiri,"jelas Cindy yang sedang merintis cabang usaha buket bunga di Kabupaten Indragiri Hulu.

Lebih lanjut Cindy memaparkan ntuk cara membuat bunga dari uang kertas, dimulai dengan  membuat bagian kuncupnya terlebih dulu. Baru kemudian  membuat kelopak bunganya. Kedua hal ini sangat penting untuk membentuk bunga dari uang kertas.

"Pembuatan tergantung jenis pesanan bisa cepat , rata rata H-1 (1 hari pengerjaan),"imbuh Cindy yang sudah 4 tahun menjalani usaha buket bunga.

Untuk memanjakan konsumen, Cindy juga memberi kebebasan kepada konsumen menentukan sendiri bentuk buket yang diinginkan. Karena beda orang, beda selera dan keinginan. Sebisa mungkin, Cindy berupaya mewujudkan buket bunga yang diinginkan oleh konsumennya.

Untuk harga buket hasil olahan tangannya, Cindy menyebut harganya masih sangat terjangkau karena hanya sekitar Rp 100 ribu.

Mengenai tips usahanya bisa bertahan sampai sejauh ini ? Menurut Cindy ia berusaha  mengikuti selera dan tren dipasaran, dan rajin mempromosikan produk usaha buketnya melalui media sosial.

 

Dengan berbagi foto dan informasi produk usaha di media sosial, akan sangat memudahkan bagi pelaku usaha kecil untuk mempromosikan usahanya. Karena media promosinya tidak terbatas selain juga bisa dilihat oleh banyak orang dari berbagai daerah.

"Yang terpenting  harus konsisten promosi melalui media sosial  dan merespon dengan cepat setiap orderan konsumen. Selain tentunya harus ramah,"jelas berbagai Cindy tips usaha. (Eci)

 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER